7 Cara Menyimpan Daging Agar Tidak Cepat Rusak yang Wajib Anda Ketahui

  • cara menyimpan daging

Biasanya saat harga daging sedang murah, ibu-ibu sering membeli daging dan menyimpannya di dalam freezer. Daging merupakan salah satu jenis makanan yang mudah rusak jika tidak disimpan dengan benar. Menyimpannya di dalam freezer bukan berarti daging tidak dapat rusak.

Oleh karena itu, ada beberapa hal berikut ini yang perlu dilakukan saat menyimpan daging agar tidak cepat rusak agar dalam pengolahan daging dapat menghasilkan hasil yang sempurna. Inilah 7 cara menyimpan daging agar tidak cepat rusak yang wajib Anda ketahui.

1. Belilah Daging yang Segar

Sebelum membeli daging, sebaiknya Anda memastikan bahwa daging yang dipilih segar agar dapat awet disimpan dalam jangka waktu yang lama. Ciri-ciri dari daging yang segar yaitu memiliki warna merah yang segar.

2. Cuci Daging Hingga Bersih

Langkah pertama yang harus dilakukan sebelum menyimpan daging adalah membersihkannya terlebih dahulu. Cucilah daging di bawah air mengalir hingga tidak ada darah yang menetes. Hindari mencuci dengan cara merendamnya dalam wadah air karena bakteri dan kuman akan tetap menempel pada daging. Jangan membiarkan daging terlalu lama pada suhu ruang karena daging dapat rentan terkontaminasi bakteri.

3. Mengeringkan Daging Setelah dicuci

Tempat yang lembap memudahkan bakteri dan kuman dapat tumbuh dengan bebas. Setelah mencuci daging sebaiknya Anda mengeringkannya dengan menggunakan paper towel atau dengan tisu yang memiliki tekstur kasar dan mudah menyerap air.

4. Simpan Daging pada Plastik Kedap Udara

Cara menyimpan daging selanjutnya yaitu dengan masukkan daging pada wadah yang kedap udara. Anda dapat menggunakan kotak makan plastik atau plastik vakum. Dengan cara ini daging yang disimpan dapat bertahan lebih lama.

5. Simpan Daging Berdasarkan Jenisnya

Jika Anda mempunyai beberapa jenis daging yang harus disimpan secara bersamaan, usahakan untuk menyimpannya dalam wadah yang berbeda agar kesegaran daging tidak tercampur dan berubah. Setiap jenis daging memiliki daya tahan yang berbeda-beda, dengan menyimpannya sesuai dengan jenisnya dapat menjaga kualitas setiap daging tetap baik.

6. Bumbui Daging Sebelum Disimpan

Cara menyimpan daging untuk membuat masa penyimpanannya lebih panjang, Anda dapat memberi bumbu pada daging. Sebaiknya gunakan bumbu yang umum saja seperti bawang putih, gula, kunyit, dan garam. Dengan bumbu ini, Anda masih bisa mengolah daging menjadi berbagai jenis makanan lainnya.

7. Simpan dan Keluarkan Daging dengan Cara yang Benar

Ada cara menyimpan daging dan mengeluarkan daging yang benar seringkali diabaikan. Namun, melakukannya dengan cara yang benar dapat membuat daging menjadi lebih tahan lama. Caranya menyimpannya cukup mudah, yaitu dengan cara bertahap.

Sebelum memasak daging, pindahkan daging dari freezer ke refrigerator selama 24 jam. Hal ini bertujuan agar daging tidak mengalami temperature shock yang akan membuat daging menjadi alot dan keras, setelah itu Anda dapat segera memasaknya. Begitu juga saat akan menyimpan daging, lakukan hal yang sama dengan memasukkan daging ke refrigerator terlebih dahulu agar daging dapat beradaptasi dengan suhu, kemudian pindahkan daging ke freezer.

Nah, itu dia 7 cara menyimpan daging agar tidak cepat rusak yang perlu diketahui. Anda dapat menggunakan bahan tambahan makanan yang berfungsi untuk memperbaiki hasil akhir dari mutu suatu makanan seperti Happy Booster atau Power BoosterUniversal yang dapat menguatkan rasa dan aroma daging. Untuk dapat memperoleh produk Combi Product, Anda dapat memesan pengawet makanan yang aman ini di website di www.markaindo.co.id  atau dapat mengirim email di marketing@markaindo.co.id.