7 Bumbu Dasar Sosis yang Tak Boleh Disepelekan

  • bumbu sosis

Banyak yang mengira sosis merupakan makanan tak sehat karena seringkali dikemas dalam kondisi beku. Namun sebenarnya, sosis adalah salah satu jenis makanan penuh nutrisi terutama jika Anda membuatnya sendiri. Dengan mudahnya memperoleh berbagai bahan dan alat untuk membuat sosis sendiri, kini bukan hal yang mustahil menghadirkan sosis segar sebagai menu keluarga setiap hari. Bumbu sosis pun bisa didapatkan dengan mudah di sekitar Anda.

Berikut ini merupakan beberapa bumbu sosis  yang wajib disertakan untuk menjadikan rasa sosis lebih sedap:

Garam

Garam memang merupakan bumbu dasar yang hampir selalu digunakan di setiap masakan, tak terkecuali sosis. Garam bisa membantu menonjolkan rasa gurih alami dari daging. Yang perlu diperhatikan, tidak semua jenis garam cocok untuk membuat sosis. Kosher salt (garam murni tanpa tambahan bahan lain) misalnya, akan lebih sulit bercampur dalam adonan daging karena butirannya yang lebih besar dari garam biasa.

Lada

Selain garam, lada juga merupakan bumbu sosis yang tak kalah pentingnya. Anda bisa menggunakan lada hitam ataupun lada putih sesuai selera. Umumnya, lada hitam memiliki rasa lebih kuat dan cocok bagi pecinta pedas. Penggunaan lada hitam juga akan membuat warna sosis menjadi sedikit lebih gelap atau kadang berbintik. Jika memilih untuk menggiling sendiri lada yang Anda beli, sebaiknya pastikan butirannya benar-benar halus sehingga bisa tercampur merata pada adonan daging.

Gula

Sosis yang rasanya cenderung asin dan gurih ternyata masih membutuhkan gula? Tepat sekali! Bumbu sosis satu ini memang tidak dibutuhkan terlalu banyak. Sedikit saja taburan gula di dalam adonan daging akan membantu menonjolkan rasa bumbu-bumbu lain. Gula pasir biasa bisa digunakan untuk pembuatan sosis.

Bawang merah dan bawang putih

Untuk membantu menghilangkan aroma khas daging dari sosis yang Anda buat, bawang merah dan bawang putih adalah solusinya. Memiliki aroma alami yang kuat dengan rasa unik, membuat bumbu sosis ini wajib disertakan dalam adonan daging. Namun sebaiknya Anda memilih bawang merah dan bawang putih yang telah diproses dalam bentuk bubuk agar bisa tercampur merata di dalam adonan daging dan menghasilkan sosis yang lembut.

Jahe

Seperti halnya bawang merah dan bawang putih, rempah satu ini juga membantu memberikan aroma yang lebih sedap pada sosis buatan sendiri. Selain itu, jahe juga memberikan rasa pedas yang khas sehingga sosis terasa lebih nikmat.

Ketumbar

Ketumbar banyak digunakan sebagai bumbu rendaman ayam atau tempe goreng. Ketumbar bisa memberikan warna kekuningan, rasa gurih, sekaligus aroma yang menggugah selera. Gunakan ketumbar bubuk sebagai bumbu sosis buatan sendiri agar rasanya lebih nikmat.

Jintan

Dikenal dengan nama cumin dalam bahasa Inggris, jintan merupakan salah satu bumbu sosis yang banyak digunakan dalam masakan Meksiko dan Asia. Bumbu satu ini memiliki rasa yang cukup kuat sehingga cocok untuk Anda yang menginginkan sosis dengan rasa lebih berempah. Gunakan jintan bubuk untuk hasil terbaik pada sosis buatan sendiri.

Bumbu-bumbu sosis tersebut memang bisa diperoleh dengan mudah di pasar tradisional. Namun cukup merepotkan jika Anda harus membeli berbagai jenis dan menghaluskan semuanya, bukan? Saat ini sudah banyak bumbu instan yang bisa memberikan rasa lebih enak pada sosis, misalnya saja  Fleischwurst OG yang bebas kandungan MSG atau Power Booster Universal yang akan memperkuat rasa daging.

Anda bisa memperoleh berbagai jenis bumbu sosis terbaik dengan menghubungi PT. Markaindo selaras melalui website www.markaindo.co.id atau email marketing@markaindo.co.id.