7 Bahan Baku Makanan Ini Wajib Ada di Dapur. Apa Saja?

  • bahan baku makanan

Makanan enak dan sehat tidak bisa didapatkan tanpa adanya bahan baku makanan. Bagi mereka yang senang memasak, hal ini tentu harus selalu tersedia di dapur. Selain itu, dengan menjaga ketersediaan bahan baku makanan di rumah, maka keinginan untuk membeli makanan di luar pun akan berkurang.

Pasalnya, mengonsumsi makanan yang dibeli di luar rumah berpotensi untuk menimbulkan beragam gangguan kesehatan, mulai dari sakit perut hingga penyakit kanker. Maka dari itu, ada baiknya untuk menyediakan bahan-bahan untuk dimasak sendiri di rumah.

Apa saja bahan baku makanan yang wajib ada di dapurmu? Yuk, simak 7 daftarnya di bawah ini:

Bawang Putih

Keberadaan bumbu makanan yang satu ini telah dikenal sejak dari dulu. Sebagai bahan makanan tertua di dunia, bawang putih dapat menjadi sumber zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Bawang jenis ini pun dapat diolah dengan beragam jenis masakan.

Cabai Merah

Bagi mereka yang menyenangi masakan dengan cita rasa pedas, cabai pedas tentu saja harus ada di dapur. Beberapa manfaat dari bahan ini antara lain sebagai sumber vitamin A, melancarkan peredaran darah, sampai dapat menyembuhkan beragam penyakit.

Lada Hitam

Sebagian orang tidak menyukai cabai merah sebagai bahan makanan untuk cita rasa yang pedas. Untuk menggantikannya, lada hitam dipilih sebagai bumbu masakan agar hasil yang dihasilkan lebih spicy.

Jintan

Biji-bijian dengan bentuk pipih berwarna ke cokelatan ini menjadi salah satu bahan dapur yang tidak hanya berfungsi untuk keperluan masakan namun juga untuk pengobatan. Jintan memiliki kemampuan untuk membuat aroma makanan jadi lebih kuat serta membantu menjaga sistem kekebalan tubuh.

Garam

Siapa yang tidak kenal bahan baku makanan yang satu ini? Sebagai bumbu penyedap rasa yang dikonsumsi oleh banyak orang ini, garam ternyata merupakan sumber mineral serta asupan nutrisi yang baik bagi tubuh. Di hampir seluruh masakan, garam dapat dengan mudah dirasakan.

Telur

Bagi anak kosan, keberadaan telur bisa menjadi penyelamat. Ada beragam cara untuk mengolah bahan makanan ini mulai dari menggoreng hingga merebus. Selain harganya yang murah, telur pun merupakan sumber protein yang dibutuhkan oleh tubuh.

Makanan Awetan Hewani

Secara umum, produk makanan menurut bahan bakunya terbagi dua jenis, yakni makanan awetan nabati dan makanan awetan hewani. Namun, awetan hewani merupakan bahan makanan yang paling banyak dikonsumsi. Beberapa di antaranya yaitu ikan tuna, ikan salmon, udang, daging ayam, serta daging sapi.

Selain mudah untuk diolah dan dijadikan santapan lezat keluarga, makanan-makanan yang bersumber dari hewan ini memiliki kandungan protein hewani. Zat ini memiliki banyak manfaat yang dibutuhkan oleh tubuh, yakni antara lain sebagai sumber energi, sumber pelindung tubuh yang baik, penyusun senyawa-senyawa tubuh, pembentuk sel darah merah, serta masih banyak lagi.

Nah, untuk beragam aneka makanan awetan hewani dengan kualitas terbaik dapat Anda dapatkan di PT. Markaindo Selaras atau dengan mengunjungi websitewww.markaindo.co.id. PT. Markaindo Selaras adalah salah satu produsen penyedia bahan olahan pangan Anda. Jika ada pertanyaan, Anda cukup menghubungi email marketing@markaindo.co.id.