6 Tips Cerdas Hilangkan Bau Amis pada Makanan Laut

  • Abastol Budenheim

Banyak orang gemar menyantap seafood atau makanan laut karena memiliki rasa yang lezat dan mengguggah selera. Namun terkadang, karena bau amis yang menyengat dari ikan laut, banyak orang lebih memilih membeli dalam bentuk jadi daripada mengolahnya sendiri. Padahal, dengan tips yang sangat sederhana, Anda sudah bisa menghilangkan bau amis pada ikan laut. Berikut ini 6 cara mudah untuk menghilangkan bau amis pada ikan:

  • Memakai jeruk nipis

Hanya dengan menggunakan jeruk nipis saja, bau amis pada ikan yang menyengat bisa menghilang. Berilah air jeruk nipis ke ikan ataupun udang yang telah dibersihkan dan diamkan beberapa saat. Cara ini memang ampuh menghilangkan bau amis, sayangnya juga memudarkan warna seafood dan membuatnya jadi lebih pucat.

  • Siram dengan air mendidih

Cara lain yang bisa Anda tempuh untuk menghilangkan bau amis pada ikan adalah menyiram seafood dengan air mendidih dan memiliki suhu 100 derajat Celcius ke atas. Untuk menghilangkan lendir dan juga amis, letakkan seafood ke dalam sebuah saringan kemudian langsung siram saja dengan air mendidih secara perlahan. Pergunakan sarung tangan atau benda lainnya yang bisa mengamankan kaki dan tangan dari percikan air panas.

  • Memanfaatkan garam dan juga lada

Garam dan lada juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan bau amis pada pada ikan. Setelah seafood dicuci bersih, taburi dengan graman dan lada secukupnya. Ketika menggunakan cara ini ada 2 keuntungan yang akan bisa Anda dapatkan. Yang pertama, bau amis pada ikan laut akan hilang dengan cepat dan mudah. Dan yang ke dua, warna asli dari ikan laut tidak akan berubah  menjadi pucat.

  • Memanfaatkan rempah-rempah

Rempah-rempah juga mampu menghilangkan bau amis pada ikan laut. Sebut saja rempah-rempah seperti halnya air asam, kunyit, jahe, serai, dan juga daun kemangi. Haluskan rempah-rempah yang Anda pergunakan kemudian lumurkan secara merata pada seafood. Diamkan beberapa saat agar bau amis segera menghilang namun jangan terlalu lama agar warna tidak berubah pucat. Setelah didiamkan, cuci menggunakan air bersih kemudian baru diberi bumbu dan diolah.

  • Melakukan pembersihan yang benar

Beda seafood beda pula cara pembersihannya. Contohnya saja kerang yang membutuhkan perlakuan khusus karena harus menyikat cangkang saat membersihkannya. Tidak hanya harus menghilangkan lendir yang menempel di bagian cangkang, Anda juga wajib membuang kotoran dan pasir yang menempel di sela-sela kerang. Lain lagi dengan proses pembersihan cumi. Saat membersihkan cumi-cumi, keluarkan tintanya dengan hati-hati, cabut tulang rawannya, sikat juga kulit arinya, dan cuci di bawah air yang mengalir. Ulangi jika dirasa kurang bersih.

  • Menggunakan abastol

Kalau tidak ingin menggunakan garam dan lada, Anda bisa menggunakan produk abastol dari Budenheim (sebuah perusahaan kimia yang ada di Jerman). Penggunaan abastol memberikan banyak manfaat, misalnya menjaga nutrisi seafood tetap seimbang meskipun setelah proses pengolahan, menghambat tumbuhnya mikroba sehingga tidak mudah berbau tengik ataupun amis, dan yang ke tiga, membuat seafood memiliki tekstur yang empuk.

Bagi Anda yang ingin mendapatkan abastol produk dari Budenheim ini, tidak perlu susah-susah untuk mengimpornya dari luar negeri. Di Indonesia kini sudah ada supplier-nya yaitu PT Markindo Selaras. Langsung saja hubungi email marketing@markindo.co.id atau kunjungi situs resmi  mereka di www.markindo.co.id