6 Oleh-oleh Makanan Khas Indonesia yang Paling Populer

  • oleh-oleh makanan

Negeri tercinta ini telah dilengkapi oleh berbagai jenis bahan yang dapat diolah menjadi sebuah makanan unik. Anda bisa menemukan banyak pilihan makanan yang beragam dari berbagai daerah di Indonesia.

Perpaduan cita rasa yang unik memang dapat membuat semua wisatawan ingin membawanya saat akan meninggalkan suatu daerah yang dikunjunginya. Oleh karena itu, muncul beberapa jenis makanan yang dibuat dalam kemasan mudah dibawa.

Lalu, apa saja oleh-oleh makanan khas Indonesia? Inilah 6 pilihan tepat untuk Anda yang sudah tidak perlu diragukan lagi rasanya.

1. Luti Gendang, Makanan Melayu dari Pulau Bintan

Roti goreng yang satu ini memang memiliki keunikan tersendiri, karena menggunakan isi dari abon ikan tongkol. Selain itu, Luti Gendang juga berasal dari salah satu pulau Bintan yaitu Anambas. Penduduk keturunan Tionghoa di sana merasa kesulitan menyebut roti sehingga disebut sebagai luti.

Sejak dulu, Luti Gendang telah menjadi camilan di sore hari atau sarapan sambil ditemani secangkir teh atau kopi. Saat ini Anda sudah bisa membelinya sebagai oleh-oleh makanan Melayu di Tanjung Pinang, Batam, dan sekitarnya.

2. Pie Susu, Camilan Manis Asal Bali

Siapa yang tidak kenal dengan makanan ini? Camilan yang mirip egg tart dari Hongkong memiliki bentuk lebih pipih dengan rasa yang manis. Varian rasa originalnya sangat banyak diminati tetapi tersedia juga pilihan lainnya yang tidak kalah juaranya. Pie susu ini memang mudah Anda temukan di sekitar daerah Bali.

3. Pempek, Makanan Berbahan Dasar Ikan Buatan Palembang

Anda salah satu penggemar makanan olahan daging ikan? Oleh-oleh asal Pelembang ini dapat menjadi pilihan yang tepat. Terbuat dari campuran tepung dengan ikan tenggiri dan berbagai bumbu lainnya akan diolah menjadi beberapa varian. Menjadi bentuk lenjer, kapal selam berisi telur, hingga kulit ikan. Biasanya makanan ini akan digoreng sebelum disajikan bersama kuah cuka, ebi, sambal, dan timun.

4. Kue Lapis, Hasil Penjajahan di Surabaya

Sejak penjajahan yang dilakukan oleh kolonial Belanda, ternyata dapat memberikan dampak perubahan pada makanan setempat. Terinspirasi dari salah satu jenis kue lapis yang berasal dari Eropa yang memiliki cita rasa manis.  Resep dari kue lapis ini telah diturunkan sejak zaman tersebut tetap bertahan hingga saat ini dengan proses pembuatan yang cukup panjang sehingga menghasilkan oleh-oleh makanan yang populer dan banyak dicari para wisatawan.

5. Sagu Lempeng, Makanan Identik dari Bumi Cendrawasih

Sagu menjadi salah satu sumber makanan pokok masyarakat Papua. Dari berbagai pilihan yang ada, sagu lempeng menjadi pilihan yang banyak digemari. Dalam proses pembuatannya, sagu lempeng dicetak menggunakan besi lalu, dipanaskan dengan proses pemanggangan.

Tentu saja dengan pengolahan seperti itu akan menghambat proses pertumbuhan mikroba dan dapat menjadikannya lebih awet. Oleh-oleh makanan ini bisa Anda jumpai di provinsi Ambon dan Papua.

6. Gethuk Singkong, Menu Pengganti Nasi dari Magelang

Pada dasarnya singkong merupakan bahan pengganti nasi yang bisa Anda pilih. Namun, di daerah Magelang, makanan ini dijadikan sebagai camilan gethuk. Gethuk sendiri akan disajikan bersama parutan kelapa yang ditaburi gula di atasnya.

Hingga saat ini, makanan ini telah memiliki banyak variasi bentuk. Dapatkan berbagai pilihan menarik gethuk ini sebagai oleh-oleh makanan dari Magelang.

Itulah 6 oleh-oleh makanan khas negeri tercinta yang populer dan mudah Anda jumpai dari berbagai daerah. Jika Anda kesulitan menemukan semua makanan tersebut, bisa juga mencoba membuatnya sendiri dengan menggunakan bahan tambahan pangan untuk hasil lebih baik.

Pastikan Anda memberikannya sesuai takaran yang dianjurkan ya. Dapatkan produk bahan tambahan pangan di tempat terpercaya seperti Markaindo. Kunjungilah website resminya untuk informasi lebih lengkap atau kirimkan email di marketing@markaindo.co.id.