6 Manfaat Corn Starch atau Tepung Maizena untuk Kesehatan Kulit

  • corn starch

Mungkin tidak banyak orang paham atau mengetahui nama corn starch, tapi jika sudah dialihbahasakan ke Bahasa Indonesia, tentunya akan paham. Corn starch adalah Bahasa Inggris untuk tepung jagung atau tepung maizena yang seringkali digunakan untuk membuat suatu jenis masakan.

Tapi tahukah Anda bahwa ternyata corn starch atau tepung jagung ini tidak hanya berfungsi sebagai bahan pembuat masakan saja, namun memiliki kegunaan lain, yaitu di bidang perawatan kecantikan. Ya, memang benar, tepung jagung dapat digunakan untuk mengatasi beberapa permasalahan kulit.

Manfaat Corn Starch untuk Kulit

Nah, kira-kira apa saja macam masalah kulit dan sejenisnya yang dapat diatasi dengan menggunakan corn starch? Berikut daftarnya.

1. Ruam

Kebanyakan orang, khususnya wanita selalu mengalami ruam pada bagian lipatan ketiak dan payudaranya. Walaupun dirasa hal tersebut adalah sepele, namun justru akan memalukan jika sedang menggunakan busana seksi, seperti bikini. Untuk menghilangkan ruam-ruam tersebut, Anda dapat menaburkan corn starch di daerah yang muncul ruam sehingga  dapat mengeringkan pori-pori yang lembab serta meredam rasa gatal tak nyaman yang ditimbulkannya.

2. Bau tak sedap

Selain ruam, Anda juga dapat menggunakan tepung jagung ini sebagai bahan untuk meredam bau tak sedap karena keringat yang sudah tercampur dengan bakteri. Terlebih ketika Anda berada di daerah bersuhu panas yang memungkinkan munculnya keringat berlebih. Taburkan corn starch tersebut di daerah yang sering berkeringat dan biarkan beberapa saat, kemudian bilas.

3. Terbakar matahari

Jika kulit Anda merasa panas karena terbakar matahari, mungkin Anda dapat mengolesinya dengan krim tertentu untuk meredakan dan menghilangkan bekasnya. Namun jika tidak memiliki krim khusus tersebut, Anda dapat menggunakan corn starch sebagai alternatifnya. Anda dapat mencampur tepung maizena itu dengan air dan kemudian mengoleskan pada kulit yang terbakar, biarkan kering dan bilas menggunakan air hangat sampai bersih.

4. Masker wajah

Mungkin banyak wanita yang menggunakan bahan-bahan alami lain, seperti lidah buaya, telur atau juga madu sebagai masker agar kulit wajahnya dapat terjaga kecerahan dan elastisitasnya. Namun bagi yang tidak memiliki bahan-bahan tersebut, tidak ada salahnya untuk menggunakan tepung jaung sebagai bahan alternatifnya. Anda hanya perlu menambahkan 1 butir telur dan sedikit air ke satu mangkuk corn starch. Aduk rata dan gunakan seperti Anda memakai masker pada umumnya. Tunggu sampai kering (sekitar 15 menit) dan bilas menggunakan air hangat.

5. Scrub kulit

Rata-rata bahan untuk pembuatan scrub yang digunakan di kulit terbuat dari sari bengkoang atau sejenisnya, tapi jika Anda ingin kreatif, Anda dapat menggunakan tepung maizena sebagai bahan alternatifnya. Caranya, Anda hanya perlu membasahi bagian kulit yang diinginkan dengan air dingin dan kemudian menaburkan dan menggosokkan tepung tersebut secara perlahan. Setelah itu, bilas hingga bersih.

6. Gigitan serangga

Ada kalanya Anda merasa jengkel ketika digigit serangga dan meninggalkan bekas di kulit, bukan? Walaupun sudah menggunakan krim, tapi khususnya untuk kulit sensitif, bekas ini akan tinggal cukup lama dan menghiasi kulit dalam waktu yang tidak ditentukan. Tapi tenang! Anda dapat menggunakan corn starch sebagai bahan menghilangkan bekas gigitan serangga tersebut. Selain dapat menghilangkan bekasnya, rasa gatal akibat racun hewan kecil itu juga akan tereduksi.

Selain untuk kesehatan kulit, terbukti juga bahwa corn starch bermanfaat untuk digunakan sebagai melancarkan proses pencernaan, mencegah anemia, menguatkan tulang sampai dengan atasi masalah pada rambut.

Bila Anda kesulitan untuk mendapatkan corn starch yang berkualitas tinggi, Anda dapat menghubungi PT Markaindo Selasar melalui website www.markaindo.co.id atau juga dapat melalui email di marketing@markaindo.co.id.