6 Langkah Esensial dalam Membuat Sosis Bakar

  • cara membuat sosis bakar

Siapa yang tak suka sosis? Makanan satu ini menjadi kegemaran semua orang lantaran rasanya yang lezat dan sangat mudah diolah. Selain dicampur dengan bahan lain atau digoreng, sosis bakar merupakan alternatif lain yang perlu Anda coba. Membakar sosis memang gampang-gampang susah karena permukaannya mudah terbakar namun kadang bagian dalamnya belum matang dengan sempurna. Sosis yang baik juga terkadang disertai dengan casing sosis yang baik.

Tapi tak perlu khawatir, berikut ini beberapa cara membuatsosis bakar yang dapat anda coba:

Olah sosis segera setelah dibeli

Salah satu rahasia umum dalam membuat sosis bakar yang enak adalah selalu menggunakan bahan segar dalam pengolahannya. Sebagai cara membuat sosis bakar yang baik, usahakan Anda segera mengolah sosis segera setelah dibeli dan tidak menyimpannya terlalu lama di dalam kulkas. Namun jika memang sosis yang dibeli masih lama untuk diolah, pastikan Anda membekukannya di dalam freezer.

Rebus sosis sebelum dibakar

Untuk menghindari bagian dalam sosis yang belum matang saat dibakar, teknik memasak parboiling bisa dilakukan. Pada dasarnya, teknik memasak ini hampir sama dengan merebus bahan makanan lain. Hanya saja tujuan parboiling bukanlah untuk mematangkan makanan, melainkan untuk membuatnya lebih cepat matang saat melalui proses masak berikutnya. Maka dari itu, salah satu cara terbaik dalam membuat sosis bakar adalah dengan merebusnya terlebih dahulu. Untuk merebus sosis, cukup gunakan sedikit air yang bisa menutupi seluruh permukaan sosis.

Gunakan air kaldu saat merebus

Apakah proses merebus sosis sebelum dibakar tak akan menghilangkan rasa daging di dalamnya? Memang banyak yang mengkhawatirkan hal ini, karena proses perebusan bisa melarutkan sari daging yang memberikan rasa gurih pada sosis bakar. Untuk mencegahnya, Anda bisa merebus sosis menggunakan air kaldu. Bisa juga menambahkan bawang putih dan bumbu lainnya di dalam air saat merebus. Cara ini akan membuat sosis bakar lebih nikmat dan penuh rasa.

Perhatikan panas pada panggangan

Proses utama dalam rangkaian cara membuat sosis bakar adalah memanggangnya. Proses memanggang memang tidak semudah proses menggoreng atau merebus. Hal ini disebabkan karena api pada proses pemanggangan seringkali tidak merata. Permukaan pemanggang juga memiliki panas berbeda-beda sehingga ada bagian sosis bakar yang lebih cepat gosong sedangkan bagian lainnya malah belum matang. Maka dari itu, pastikan Anda mengatur nyala api saat proses membuat sosis bakar dan kenali bagian mana saja dari pemanggang yang memiliki panas sedang sehingga bisa mematangkan sosis dengan sempurna.

Balik sosis dengan hati-hati

Saat proses pembakaran sosis, Anda memang perlu membaliknya beberapa kali untuk memastikan seluruh bagian bisa matang dengan sempurna. Akan tetapi, berhati-hatilah saat membalik sosis dan jangan sampai spatula atau japit yang digunakan merobek bagian kulit sosis. Jika kulit sosis robek, maka sari daging akan merembes keluar sehingga tekstur sosis bakar menjadi lebih kering dan rasanya pun akan berkurang.

Ukur temperatur sosis untuk mengecek kematangan

Apabila Anda memasak sosis bakar yang berukuran besar, pastikan untuk mengecek kematangan bagian dalamnya. Caranya mudah, gunakan termometer masak untuk mengetahui suhu di bagian dalam sosis. Sebaiknya tempatkan termometer di bagian tengah sosis yang memiliki daging paling padat. Untuk sosis yang terbuat dari daging sapi, suhu 65 derajat Celcius menandakan sosis telah matang sempurna. Sementara untuk sosis yang terbuat dari daging ayam, seharusnya mencapai suhu 70 derajat Celcius.

Setelah matang, siapkan bumbu sosis bakar agar rasa sosis yang dihasilkan lebih nikmat. Salah satu bumbu sosis yang bisa diterapkan untuk sosis Anda adalah sosis bakar dengan bumbu kecap. Langkah pertama adalah campur kecap dengan lada bubuk, garam, ketumbar bubuk dan bawang putih goreng, kemudian tambahkan sedikit air matang lalu Anda dapat tes rasa sosis bakar Anda.

Supaya rasa sosis bakar lebih mantap, mengapa tak coba membuat sendiri sosisnya? Caranya mudah kok, apalagi kini sudah ada casing sosis kolagen yang mudah digunakan dan bisa langsung disantap tanpa perlu dikupas. Untuk memperoleh casing sosis kolagen Devro Anda bisa menghubungi PT. Markaindo selaras melalui website www.markaindo.co.id atau email marketing@markaindo.co.id.