6 Bahan Tak Biasa Sebagai Pengganti Daging Sapi

  • pengganti daging

Makin tingginya kesadaran masyarakat untuk menjaga pola makan membuat pengikut vegetarian semakin banyak. Namun sayang, banyak orang yang tak betah menjadi vegetarian lantaran tak bisa menahan untuk tidak menyantap daging. Padahal, ada cukup banyak bahan pengganti daging yang sebenarnya bisa dijadikan daging nabati.

Mungkin Anda sudah tahu beberapa di antaranya, seperti tahu, tempe, serta jamur. Namun selain bahan-bahan tersebut, masih banyak lagi sumber protein nabati yang cocok dijadikan pengganti daging. Berikut di antaranya:

 

Seitan

Seitan merupakan wheat gluten alias gluten gandum yang memang banyak digunakan sebagai pengganti daging. Di Indonesia, seitan memang belum terlalu popular. Namun banyak negara lain yang sudah menggunakan seitan dalam menu vegetarian mereka. Tekstur seitan bisa dibilang sangat mirip dengan daging. Dan seperti tahu, seitan bisa dengan mudah menyerap seluruh rasa dan saus. Seitan juga tergolong bahan yang bisa dengan mudah diolah, seperti dipanggang, digoreng, ataupun dimasak dengan kuah.

 

Quinoa

Nah, biji-bijian yang satu ini sudah mulai dikenal di Indonesia. Quinoa dikenal sebagai salah satu super food yang kaya akan protein sehingga sering dicampurkan dalam berbagai bahan makanan. Quinoa juga bisa dijadikan pengganti daging karena mengandung berbagai nutrisi lain seperti magnesium dan asam folat. Tekstur quinoa sebenarnya sangat lembut, namun bahan ini cocok dijadikan pengganti daging burger jika dicampur dengan berbagai bahan lain kemudian dicetak.

 

Garbanzo beans

Dikenal juga dengan nama chickpeas, bahan satu ini cukup popular di dunia kuliner Barat sebagai pengganti daging. Keluarga kacang-kacangan ini akan sangat cocok diolah sebagai pengganti daging giling yang digunakan dalam berbagai masakan. Chickpeas  juga kaya akan protein sehingga baik sekali dikonsumsi sebagai daging nabati oleh para vegetarian.

 

Black beans

Kacang hitam ini merupakan bijian khas Meksiko yang banyak digunakan dalam makanan lokal seperti burrito dan taco. Rasanya tak jauh berbeda dengan kedelai, hanya berukuran lebih besar dan memiliki tekstur lebih keras. Kacang hitam cocok sekali dijadikan pengganti daging dengan dihaluskan kemudian dibentuk dan dicmapur bahan lain agar lebih padat. Tak cuma memiliki rasa dan tekstur yang menyerupai daging, kacang hitam juga kaya akan protein.

 

Jamur

Jamur memang tergolong bahan yang tidak terlalu banyak memiliki rasa. Namun kelebihannya, beberapa jenis jamur memiliki tekstur alot saat dimasak. Ini membuatnya cocok sekali dijadikan bahan pengganti daging. Sayangnya meski unggul dari segi tekstur, jamur tak memiliki protein sehingga bahan lain berupa kacang-kacangan atau biji-bijian. Maka dari itu, pastikan Anda menambah sumber protein lain saat memasak jamur.

 

Texturized Soy Protein

Texturized Soy Protein merupakan produk yang biasa digunakan sebagai campuran olahan pengganti daging seperti nugget, sosis, dan bakso. Fungsi utama dari texturized soy protein adalah sebagai bahan pengisi (filler) untuk menekan biaya produksi sekaligus mempertahankan kualitas produk akhir.kelebihan texturized soy protein dibanding bahan pengganti daging adalah lebih mudah diolah dan disimpan dalam waktu lama.

 

Di Indonesia, Anda bisa memperoleh texturized soy protein melalui Markaindo. Bahan ini diproduksi oleh sebuah perusahaan asal Jerman bernama Bremil, yang fokus memproduksi berbagai jenis bahan baku untuk industri pengolahan daging seperti textured soy protein, isolated soy protein, breadcrumb, bumbu-bumbu dan food additives (curing salt, pewarna makanan, preservatives). Perusahaan yang didirikan pada tahun 1987 ini berlokasi di Arroio do Meio.

 

Untuk memperoleh produk ini, langsung saja kunjungi website PT Markaindo Selaras di www.markaindo.co.id atau juga menghubungi melalui email di marketing@markaindo.co.id.