5 Tips Membuat Bakso Sapi Kenyal

  • transglutaminase

Bisnis makanan memang tidak ada matinya. Salah satu makanan yang populer dijajakan di berbagai kalangan adalah bakso. Kuliner yang satu ini memiliki beragam varian seperti bakso ayam, bakso ikan, serta yang paling difavoritkan bakso sapi.

Bakso sapi ini seringkali disajikan dengan kuah gurih serta bahan pelengkap seperti bihun, mie kuning, tahu, sawi, dan taburan bawang goreng. Makanan ini akan dengan mudah Anda temukan di restoran mewah hingga pedagang keliling.

Namun, tidak ada salahnya jika Anda mencoba membuat makanan yang satu ini di rumah untuk keluarga. Pasalnya, proses pembuatannya cenderung mudah. Yang perlu diketahui adalah tipsnya agar bakso sapinya terasa kenyal dan lezat.

Nah, apa saja tipsnya? Yuk, simak 5 di antaranya berikut ini:

Pilih Daging Sapi Segar

Untuk membuat bakso sapi, bahan utama yang Anda butuhkan tentu saja daging sapi. Daging inilah yang berperan penting menentukan kenyal atau tidaknya bakso yang Anda buat. Agar hasilnya kenyal, pilihlah daging sapi yang segar dengan kualitas tinggi. Hindari menggunakan daging yang telah dibekukan di freezer.

Perhatikan Proses Penggilingan

Sebelum membuat bakso, daging sapi yang telah dipilih ada baiknya untuk digiling terlebih dahulu. Proses penggilingan inilah yang perlu Anda perhatikan secara teliti. Pastikan dagingnya digiling hinggga halus dengan serat daging yang terpisah.

Campurkan Es Batu Ketika Digiling

Ketika daging digiling, campurkan sedikit es batu. Hal ini untuk membantu untuk menghambat naiknya suhu daging ketika digiling. Pasalnya, apabila suhu daging meningkat, maka teksturnya akan tampak alot dan tidak terasa kenyal.

Perhatikan Kualitas Tepung Tapiokanya

Salah satu bahan yang digunakan ketika membuat bakso sapi adalah tepung tapioka. Agar hasilnya kenyal dan lezat, maka gunakan tepung tapioka dengan kualitas tinggi dengan takaran 20% dari jumlah daging yang ada.

Gunakan Transglutaminase

Selain tepung tapioka, bahan lain yang tidak kalah pentingnya adalah Transglutaminase. Bahan ini berguna untuk mengikat daging agar tekstur yang dihasilkan lembut dan kenyal. Tidak hanya itu, Transglutaminase juga membuat bakso agar tidak mudah hancur.

Nah, itu tadi 5 tips membuat bakso sapi agar kenyal dan lezat yang dapat Anda bikn di rumah. Apabila ingin mendapatkan Transglutaminase terbaik yang halal di Indonesia Anda bisa membelinya PT. Markaindo Selaras yang merupakan supplier makanan terlengkap yang menyediakan berbagai bahan yang mendukung industri makanan.

Anda dapat melakukan  pemesanan melalui website  www.markaindo.co.id atau email marketing@markaindo.co.id. Transglutaminase halal yang dijual Markaindo merupakan produk dari Taixing Dongsheng Food Science & Technology Co., Ltd perusahaan yang telah memiliki sertifikat ISO 9001:2008, ISO 2200:2005 serta sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

PT. Markaindo Selaras adalah perusahaan asal China yang fokus memproduksi produk berbasis TG untuk diaplikasikan pada beragam produk pangan. dan produk-produknya sudah berstandard internasional, jangan ragu membeli produk transglutaminase halal di Markaindo.