5 Tips Memasak Dada Ayam Agar Tidak Keras yang Perlu Anda Ketahui

  • cara masak dada ayam

Memasak memang kegiatan yang terlihat cukup mudah untuk dilakukan oleh siapapun, khususnya bagi para wanita. Namun, dalam melakukan proses tersebut ternyata membutuhkan beberapa trik khusus untuk menciptakan makanan yang lezat.

Salah satu bahan makanan yang cukup banyak diminati yaitu daging ayam. Bagian dada merupakan area yang memiliki tingkat ketebalan yang berbeda, sehingga seringkali Anda akan kesulitan dalam mengolahnya karena tingkat kematangan pada daging pun berbeda.

Lalu, apa yang harus dilakukan agar dapat membuat olahan dada ayam menjadi lezat? Ada 5 tips yang perlu Anda ketahui agar tidak menghasilkan dada ayam yang keras saat dimasak.

1. Meratakan Tingkat Ketebalan Dada Ayam

Daging ayam pada bagian dada memang memiliki tingkat ketebalan yang tidak rata. Oleh karena itu, hal ini dapat Anda atasi dengan meratakan tingkat ketebalan dada ayam dengan memukulnya secara perlahan hingga menjadi empuk dan lebih rata.

2. Mengiris Daging Ayam Menjadi Potongan lebih Kecil

Untuk menghasilkan rasa daging yang terasa nikmat dan tidak keras pada bagian dada ayam, Anda dapat menggunakan teknik mengiris pada bagian ini sebelum diolah. Potonglah bagian ini mengikuti jalur serat daging agar lebih mudah diiris.

Menggunakan teknik ini dalam proses pengolahan daging ayam, cocok digunakan untuk membuat ayam panggang atau goreng.

3. Memarinasi Dada Ayam Sebelum Mengolahnya

Cara memasak dada ayam selanjutnya bisa dilakukan dengan memberikan bumbu sebelum memasaknya. Anda bisa mulai menambahkan beberapa bahan penyedap lalu, diamkan selama kurang lebih 1 jam agar daging dapat meresap bumbu dengan baik.

Proses ini perlu dilakukan dengan takaran yang tepat. Di dalam bumbu tersebut, Anda bisa memberikan garam secukupnya sebagai penyedap rasa tetapi pastikan tidak berlebih agar daging tidak terasa kering.

4. Memasak dengan Tingkat Kematangan yang Pas

Pada dasarnya membuat olahan dada ayam tidak terlalu sulit, Anda cukup memperhatikan tingkat kematangannya saja. Hindari memasak terlalu lama agar tidak menghasilkan daging yang keras atau alot. Walaupun ada banyak cara mengolah daging dada ayam, perhatikan waktu memasaknya dan pastikan daging matang dengan baik secara merata.

5. Hindari Merebus Daging Ayam yang akan dipanggang

Salah satu cara masak dada ayam yang paling banyak digemari yaitu dipanggang. Namun, untuk mempersingkat waktu pengolahannya, seringkali daging ayam akan direbus terlebih dahulu sebelumnya. Menggunakan cara tersebut sebenarnya akan membuat daging menjadi terasa lebih keras dan sulit dikonsumsi.

Oleh karena itu, hindari teknik mengolah daging dengan cara tersebut ya. Lebih baik gunakan cara lain untuk mendapatkan tingkat kematangan yang lebih baik.

Itulah 5 tips memasak dada ayam agar tidak keras yang perlu Anda ketahui. Selain itu, ada juga beberapa cara pengolahan daging lainnya yang bisa Anda coba lakukan pada jenis bahan dasar berbeda di sini. Untuk mempermudah proses pengolahannya, Anda bisa mulai menggunakan bantuan dari mesin.

Mesin pengolahan daging yang dapat mempermudah proses menggiling, mencampur bahan, dan sebagainya bisa Anda dapatkan hanya di Markaindo. Sebagai penyedia mesin pengolahan daging berkualitas dari Risco yang telah dipercaya lebih dari 40 tahun ini, bisa Anda dapatkan dengan mudah melalui website resminya di www.markaindo.co.id atau menghubungi melalui email di marketing@markaindo.co.id.