5 Sumber Protein yang Bukan Berasal dari Daging

  • sumber protein

Menjalani gaya hidup yang sehat perlu didukung dengan keseimbangan gizi dan nutrisi yang baik dalam tubuh. Seringkali, para pemula dalam masakan vegetarian menghilangkan protein dalam menu makanan hariannya. Walaupun tidak dapat mengonsumsi protein hewani, Anda masih bisa mendapatkannya dari produk nabati. Namun, ada beberapa perbedaan yang perlu dilakukan agar tidak kekurangan sumber protein harian dalam tubuh.

Jika terjadi kekurangan protein, ada banyak dampak buruk yang bisa dirasakan seperti rambut rontok, demensia, sulit tidur, dan berbagai penyakit lainnya dapat menyerang tubuh Anda. Oleh karena itu, sebagai penganut pola masakan vegetarian tidak perlu takut kekurangan sumber protein dari dalam tubuh. Anda dapat mengganti sumber dari protein nabati dengan 5 sumber protein yang bukan berasal dari daging berikut ini.

1. Sumber Protein dari Kacang Kedelai

 Salah satu sumber protein pertama yang bisa Anda peroleh berasal dari kacang kedelai. Memasukkan 100 gr pada masakan vegetarian dapat memberikan 36 gr protein dalam tubuh. Selain itu, bahan makanan ini dapat membantu menjaga kesehatan pada tulang dan jantung, menjaga berat badan tetap sehat, dan memperbaiki metabolisme dalam tubuh. Anda bisa mengonsumsinya dalam bentuk susu kedelai, tahu, dan tempe yang diolah menjadi berbagai jenis masakan vegetarian.

2. Sumber Protein dari Kacang Almond

Di dalam kacang Almond terdapat sumber protein yang cukup tinggi sehingga dapat menggantikannya dari sumber nabati. Selain itu, di dalam kacang almond juga memiliki sumber vitamin E yang baik untuk tubuh. Anda bisa menikmatinya sebagai masakan vegetarian dengan membuat susu atau pun menjadi taburan di atas roti.

3. Sumber Protein dari Kacang Polong

Kacang memang memiliki cukup banyak kandungan protein di dalamnya seperti polong. Oleh karena itu, kacang polong sangat baik dijadikan sebagai sumber protein untuk para vegetarian. Di dalam 100 gr polong dapat menghasilkan 8 gr kandungan protein untuk tubuh Anda. Selain itu, terdapat juga kandungan serat yang dapat melancarkan pencernaan serta berbagai tambahan vitamin lainnya dalam tubuh. Anda bisa membuat masakan vegetarian dari kacang polong menjadi sup atau makanan berkuah lainnya.

4. Sumber Protein dari Biji Bunga Matahari

Selain kacang-kacangan yang dapat dijadikan sebagai sumber protein nabati, biji bunga matahari juga memiliki kandungan yang cukup tinggi. Mungkin Anda lebih mengenalnya sebagai kuaci, walaupun terlihat kecil tetapi di dalam 100 gr terdapat 20,78 gr protein untuk tubuh. Cukup tinggi, bukan? Biji bunga matahari ini memang cocok untuk dijadikan sebagai cemilan sehat. Khususnya saat menunggu jam makan.

5. Sumber Protein dari Bayam

Sayur bayam mengandung cukup banyak kandungan nutrisi dan juga vitamin untuk tubuh. Vitamin A, B1, dan C, kalsium, zat besi, dan fosfor dapat Anda peroleh di dalamnya. Selain itu, ternyata bayam juga mengandung sumber protein sekitar 2,9 gr dalam 100 gr sayur yang dikonsumsi. Sayur ini cukup mudah diolah menjadi masakan vegetarian karena memiliki tekstur yang mudah lunak. Anda bisa menyajikannya dalam bentuk sop atau menambahkannya ke dalam bubur. Tentunya tidak hanya lezat namun, juga sehat.

Baca juga: 3 Resep Masakan Vegetarian Praktis yang Layak Anda Coba

Itulah 5 sumber protein yang bukan berasal dari daging ini bisa Anda dapatkan dengan mudah. Jika Anda merindukan daging dalam masakan vegetarian, cobalah untuk menggunakan pengganti daging  produk Soy Fiber Protein (SFP) dari Markaindo. Untuk mendapatkan produk yang berkualitas baik untuk tubuh, segera kunjungi website Markaindo di www.markaindo.co.id atau mengirimkan email di marketing@markaindo.co.id.