5 Macam Produk Aneka Olahan Ikan yang Lezat

  • macam produk aneka olahan ikan yang lezat

Saat ini terdapat berbagai jenis produk olahan sapi dan ayam, mulai dari bakso, nugget, kornet dan hamburger. Tapi tahukah anda ternyata tidak hanya daging sapi dan ayam yang bisa di olah, ikan juga bisa di olah menjadi berbagai macam produk olahan yang lezat. Inilah beberapa macam produk aneka olahan ikan yang lezat :

Bakso Ikan

Buat anda yang hobi makan bakso daging, saat ini anda harus mencoba varian bakso ikan? Karena bakso ikan mengandung asam lemak omega 3 yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Salah satu manfaat omega 3 adalah menurunkan kadar kolesterol tubuh. Selain itu harga bahan ikan lebih murah ketimbang daging. Semakin segar ikan yang digunakan, semakin baik pula mutu bakso yang dihasilkan. Berbagai jenis ikan yang digunakan untuk membuat bakso, terutama ikan yang berdaging tebal dan mempunyai daya elastisitas seperti tenggiri, kakap, cucut, bloso, ekor kuning dan lain-lain. Optimalkan produk olahan ikan anda dengan Transglutaminase. Transglutaminase berfungsi untuk meningkatkan kekenyalan, elastisitas dan juiciness bakso Ikan anda.

 Sosis Ikan

Salah satu usaha untuk meningkatkan nilai tambah suatu produk yaitu melalui pengolahan. Demikian juga di sektor perikanan,pengolahan hasil perikanan memegang peranan penting dalam menambah nilai jual produk-produk perikanan. Sosis ikan merupakan salah satu pengolahan yang dapat meningkatkan nilai tambah ikan. 

Adapun ikan yang baik dan dapat dibuat sosis adalah ikan Tenggiri (Scomberomus guttatus) atau ikan alu-alu (Sphyraena genie). Usaha sosis ikan bisa jadi salah satu ide usaha yang cukup menjajikan.Usaha sosis ini mudah dilaksanakan dan skala usahanya dapat disesuaikan dengan tingkat kemampuan modal bahan baku, tenaga kerja dan pemasarannya.

Abon Ikan

Pada prinsipnya abon ikan merupakan suatu metode pengawetan dengan kombinasi antara perebusan / pengukusan dan penggorengan serta penambahan bumbu-bumbu tertentu. Produk yang dihasilkan mempunyai tekstur yang lembut, rasa dan aroma yang khas. Abon ikan bisa digunakan untuk teman makan nasi, teman makan roti, dll. Biasanya abon dibuat dari daging sapi atau daging kerbau, akan tetapi di beberapa daerah Sulawesi, banyak dijumpai abon ikan. Pada umumnya abon ikan dapat dibuat dari daging ikan cakalang/ikan tongkol, ikan tuna dan ikan cucut.

Dendeng Ikan

Dendeng ikan merupakan hasil pengolahan dan pengawetan dengan cara penggeringan serta penambahan bumbu-bumbu tertentu, sehingga mempunyai rasa yang khas dengan tekstur yang empuk.Dendeng ikan dapat dibuat dengan rasa manis ataupun asin. Selain rasa asin dan manis juga bisa diberikan rasa sesuai keinginan seperti rasa pedas, keju atau pedas manis.Jenis-jenis ikan yang digunakan sebagai bahan baku pembuatan dendeng ikan banyak sekali seperti ikan belanak, mujair, tongkol, dan tenggiri.

Kornet Ikan

 Produk Kornet adalah salah satu jenis produk olahan daging sapi yang banyak digunakan dalam campuran makanan seperti nasi goreng. Selain sapid an ayam ternyata terdapat juga jenis kornet ikan. Kornet ikan merupakan produk modifikasi dari kornet daging sapi.Kornet ikan ini memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang enak sehingga dapat disajikan didalam isian sandwich.Perbedaan kornet daging sapi dengan kornet ikan yang paling mencolok adalah dari warna yang dihasilkan.Pada kornet daging sapi pada umumnya memiliki warna kemerahan sedangkan warna ikan patin berwarna putih dan sedikit merah muda karena  penambahan sedikit pasta tomat.

 

Anda termasuk orang yang senang membuat aneka produk olahan sendiri? Atau ingin menjalankan usaha? Bila Anda ingin membuat produk olahan ikan di rumah atau menjalankan usaha tidak ada salahnya anda menggunakan bahan makanan yang sehat dan halal. Dalam pembuatan olahan ikan, Anda tentu membutuhkan berbagai bahan campuran yang aman untuk kesehatan. Melalui produk Taixing Dongsheng Food Science & Technology Co., Ltd. Yang dijual di Markaindo, Anda bisa memperoleh transglutaminase yang akan sangat berguna untuk pengolahan ikan.

Transglutaminase adalah enzim yang berfungsi sebagai katalisator pada reaksi polimerisasi dan pembentukan ikatan silang (crosslinking)  yang berfungsi untuk meningkatkan tekstur, rasa, dan nilai gizi dari produk olahan ikan Anda.

Baca Juga : Resep Masakan Vegetarian, Tetap Bisa Makan Daging Loh

Jika Anda ingin mendapatkan transglutaminase halal di Indonesia Anda bisa membelinya PT. Markaindo Selaras yang merupakan supplier makanan lengkap yang menyediakan berbagai bahan yang mendukung industri makanan. Anda bisa memesan lewat www.markaindo.co.id atau email marketing@markaindo.co.id.

Transglutaminase halal yang dijual Markaindo merupakan produk dari Taixing Dongsheng Food Science & Technology Co., Ltd perusahaan yang telah memiliki sertifikat ISO 9001:2008, ISO 2200:2005 serta sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) adalah perusahaan asal China yang fokus memproduksi produk berbasis TG untuk diaplikasikan pada beragam produk pangan dan produk-produknya sudah berstandard internasional, jangan ragu membeli produk transglutaminase halal di Markaindo.