5 Macam Jenis Sate di Indonesia yang Menggoyang Lidah

  • macam macam sate

Sejak kemunculan sate pada abad ke-19 di Pulau Jawa, makanan ini telah menjadi salah satu kuliner warisan yang selalu mendapat tempat di hati para konsumen. Walaupun memiliki nama yang sama, namun secara umum penyajiannya berbeda-beda. 

Sejak dulu, biasanya para pedagang menjual sate dengan menggunakan daging ayam, kambing, atau sapi. Namun, pada beberapa orang menjualnya dengan kreasi berbeda. Mulai dari sate usus, udah, hati, telur, atau pun ampela.

Hingga saat ini telah tercipta berbagai kreasi dari sate yang bisa memanjakan lidah Anda. Lantas jenis apa saja yang perlu dicoba saat ini? Inilah 5 jenis sate yang bisa menggoyang lidah Anda dari berbagai daerah di Indonesia.

1. Sate Padang dengan Kuah Kental

Setiap jenis makanan tradisional dapat merepresentasikan budaya Indonesia yang beragam seperti salah satunya sate padang. Sate padang sendiri memiliki keunikan pada kuahnya yang cukup unik dan memiliki perpaduan berbagai bumbu khasnya.

Sate asal Sumatera ini biasanya dibuat melalui 2 tahap yaitu dagingnya akan direbus terlebih dahulu bersama bumbunya setelah itu baru dipanggang. Anda bisa menikmatinya bersama dengan lontong yang disiram kuah kaldu daging kental. Nikmati juga bersama kerupuk kulit sebagai pendampingnya.

2. Sate Buntel Asli Solo

Macam-macam sate yang cukup digemari oleh banyak orang adalah sate buntel asli Solo. Pilihan daging cincang seperti sapi atau kambing yang dibungkus bersama dengan lemak akan dijadikan satu ke dalam tusukan bambu. Bentuknya memang cukup besar daripada sate jenis lainnya.

Dalam penyajiannya, sate akan dilepaskan dari tusuknya sehingga Anda bisa menyantapnya lebih mudah  bersama dengan kecap manis dan merica bubuk. Nikmati bersama dengan nasi putih selagi hangat.

3. Sate Khas Madura

Jenis sate yang satu ini memang sudah tidak asing bagi Anda pencinta kuliner tradisional Indonesia. Hal ini disebabkan karena banyak pedagang yang menjajakan makanan ini di sepanjang jalan. Ciri khasnya terletak pada bumbu kacang yang dicampur bersama kecap dan sambal.

Selain sate ayam berbumbu kacang, Anda juga bisa menemukan sate kambing yang sajikan bersama kecap manis dan irisan tomat, rawit, serta bawang merah. Anda bisa menikmatinya bersama lontong atau nasi putih hangat.

4. Sate Maranggi dari Kota Kembang

Budaya Indonesia yang cukup kental bisa Anda rasakan di Kota Kembang atau Bandung. Selain itu, kuliner di sana juga memiliki keunikan yang beragam seperti salah satunya sate maranggi. Masakan khas Sunda ini cukup mudah Anda temukan di sekitar kota Bandung.

Disajikan dengan menggunakan bahan dasar ayam, kambing, atau sapi akan berikan bumbu spesial. Anda bisa menemukan pucuk kecombrang serta tepung ketan di dalam bumbu sate maranggi ini. Perpaduan aroma daging dan bumbu spesialnya akan membuat Anda ketagihan.

5. Sate Lilit Asal Bali

Jika Anda mengunjungi pulau Dewata, Bali maka tidak lengkap jika belum mencicipi sate lilit. Terbuat dari daging cincang, sate ini akan dicampur dengan kelapa parut, santan, jeruk nipis dan berbagai bumbu lainnya dalam proses pembuatannya.

Keunikan dari sate lilit ini ada pada tusukannya yaitu menggunakan batang serai sehingga saat dipanggang, aroma yang dihasilkan menjadi lebih spesial. 

Itulah 5 jenis sate di Indonesia yang berasal dari berbagai daerah dengan ciri khasnya masing-masing. Sudahkah Anda mencicipinya? Jika Anda tertarik untuk melestarikan budaya Indonesia dengan menjual sate, maka dibutuhkan mesin pengolahan daging agar dapat mempercepat proses produksi.

Dapatkan informasi lebih lengkapnya mengenai mesin pengolahan daging dari Risco di sini. Jika Anda tertarik untuk membelinya, segera kunjungi website resmi Markaindo di www.markaindo.co.id atau kirimkan melalui email di marketing@markaindo.co.id