5 Kuliner Legendaris yang Membuat Anda Tidak Bisa Move On dari Palembang

  • pengenyal makanan

Salah satu kota tertua yang ada di Indonesia, yakni Palembang, memiliki penduduk dengan latar budaya yang beragam. Tidak heran jika kuliner yang dimiliki ibu kota Sumatera Selatan pun sangat beragam. Salah satu kuliner yang membuat Palembang terkenal adalah pempek.

Padahal, Palembang masih punya banyak kuliner yang seru untuk dicoba saat Anda punya kesempatan untuk berkunjung ke sana. Anda wajib menyediakan satu hari khusus untuk menjelajahi kuliner legendarisnya. Mulai dari pedagang kaki lima hingga warung-warung dalam kota dengan cita rasa yang akan membuat Anda susah move on. Apa saja kuliner tersebut? Cek 5 di antaranya berikut ini!

1. Masakan Palembang Nasi Minyak

Nasi minyak memang cukup populer di kota-kota Melayu seperti Palembang. Makanan ini terbuat dari beras yang dimasak bersama minyak samin lalu diberi bumbu rempah dengan taburan kismis di atasnya. Anda bisa mencicipinya bersama dengan malbi atau daging sapi yang dimasak semur. Namun, kuliner legendaris yang satu ini hanya bisa dijumpai pada hari Jumat saja. Menarik, bukan?

2. Masakan Palembang Ikan Salai

Bagi Anda para pencinta ikan, makanan ini dapat menjadi pilihan yang tepat. Pada dasarnya ikan salai merupakan ikan sungai yang sudah diasapkan terlebih dahulu untuk mengeluarkan kandungan air di dalamnya serta menghasilkan aroma lezat. Biasanya, ikan yang digunakan untuk membuat menu ini antara lain ikan gabus, baung, atau patin. Pada prosesnya, ikan-ikan ini diolah menjadi pindang terlebih dulu sebelum bisa dinikmati.

3. Masakan Palembang Kemplang Tunu

Kemplang tunu merupakan oleh-oleh khas Palembang yang cukup populer. Sebagai makanan legendaris, kemplang ini memiliki ciri khas karena dibuat dengan cara dibakar di atas bara api. Tekstur yang dihasilkan memang cukup unik karena tersedia dalam beberapa varian seperti yang dibakar seperti biasa atau yang tidak mengembang. Yang pasti, rasanya akan tetap enak, apalagi dikonsumsi dengan nasi hangat.

4. Masakan Palembang Martabak Har

Makanan legendaris ini telah dikenal sejak tahun 1974 di Kota Palembang. Martabak terbuat dari telur ayam atau bebek yang diberi sedikit irisan sayur di dalamnya. Tampilannya memang menyerupai martabak khas India yang disajikan bersama kuah kari. Perbedaannya terletak pada kuah yang disajikan, yaitu di dalamnya terdapat irisan daging. Selain itu, kulit yang dimilikinya juga mempunyai tekstur lebih basah. Jika Anda ingin rasa yang lebih pedas, tidak ada salahnya menambahkan irisan cabai hijau yang sudah dicampur dengan cuka dan kecap asin.

5. Masakan Palembang Kue Delapan Jam

Masakan Palembang yang satu ini memang sesuai dengan namanya. Pasalnya, harus dikukus selama 8 jam dulu! Proses ini untuk mendapatkan tekstur yang cukup padat sehingga lebih mengenyangkan. Sayangnya, kue delapan jam ini tidak bisa dijumpai setiap hari karena hanya dibuat pada saat acara-acara tertentu saja.

Itulah 5 kuliner legendaris dari Kota Palembang yang akan membuat Anda susah move on setelah sekali mencobanya. Jika Anda belum mempunyai kesempatan untuk mencicipi kuliner Palembang ini, tak ada salahnya bila Anda mencoba membuat sendiri beberapa jenis kuliner khas Palembang lainnya seperti pempek atau tekwan. Agar tekstur kedua makanan itu benar-benar tepat, Anda bisa menambahkan pengenyal makanan ke dalamnya. Gunakanlah produk pengenyal makanan dari Abastol dan Canal hasil produksi Budenheim yang sudah terbukti aman untuk dikonsumsi.

Informasi lebih lengkap mengenai produk tersebut bisa diperoleh di sini. Jika Anda tertarik dan ingin membelinya, segera kunjungi situs resmi Markaindo di www.markaindo.co.id atau kirimkan email ke marketing@makarindo.co.id sekarang juga.