5 Kiat untuk Membuat Burger Enak dan Sehat

  • cara membuat burger

Salah satu makanan praktis dan enak yang menjadi kegemaran banyak orang adalah burger. Dalam satu tangkup burger sudah terpenuhi kebutuhan nutrisi, dari karbohidrat hingga protein. Memang rasanya yang lezat membuat orang-orang sering mengonsumsi burger. Namun Anda harus memperhatikan kandungan yang ada di dalam makanan ini, karena burger terkadang punya kandungan kalori tinggi lewat pilihan saus dan patty-nya. Bila Anda memang sudah terlanjur ‘jatuh cinta’ dengan makanan yang satu ini, buatlah burger yang lebih sehat.

Berikut ini beberapa cara membuat rasa burger tetap enak namun asupan kalori lebih rendah.

1.Campurkan Jamur

Cara yang bisa Anda lakukan dengan mencampurkan daging giling dan cincangan jamur untuk patty daging dengan jamur. Pencampuran ini akan menghasilkan rasa burger yang gurih dengan tekstur kenyal juicy. Jamur yang bisa digunakan yakni champignon atau portobello. Rasanya yang mirip daging ini bisa membuat Anda tidak menyadari jika ada jamur di dalam burger. Maka itu campurkanlah jamur sebagai salah satu cara membuat burger anda enak.

2.Gunakan Daging Tanpa Lemak

Sebaiknya dalam membuat patty gunakan daging sapi tanpa lemak. Atau bisa juga dengan pilihan lain yakni menggunakan  dada ayam atau bagian lain tapi tanpa lemak dan kulit. Terapkan hal ini sebagai salah satu cara membuat burger anda rendah kalori dan lemak.

3.Buatlah Patty Tipis

Agar burger yang dibuat terasa enak, buatlah burger dengan patty tipis. Cara ini juga bisa menjadikan burger lebih sehat karena jumlah daging giling yang dipakai tidak sebanyak dari burger biasa. Masak dengan wajan panas di api besar sambil patty ditekan dengan spatula agar menipis. Tunggu hingga kedua  bagian patty berwarna kuning keemasan dan terbentuk tekstur cukup renyah pada permukaan burger.

Baca Juga : Yuk Buat Burger dengan Bumbu Burger TVP

4.Menggantikan Roti

Sebagai inovasi Anda bisa menggunakan lettuce untuk pembungkus burger. Selain itu, ada banyak cara lain untuk menggantikan bun atau rotinya. Anda bisa membungkus patty dengan menggunakan dua jamur portobello panggang untuk mengapit isian burger, atau Anda juga bisa mencoba menggunakan potongan besar ubi panggang.

5.Menambahkan Sayuran

Untuk membuat burger sehat, Anda bisa menambahkan sayuran untuk isian burger. Anda bisa menggunakan sayuran panggang sebagai topping burger. Termasuk bawang bombay dan paprika. Penggunaannya bisa memberi rasa manis alami sekaligus tekstur renyah. Selain sayur panggang, Anda juga dapat menggunakan sayuran segar sebagai cara membuat burger semakin sehat dan enak.

 

Sekarang burger bukan hanya mengandalkan daging saja. Sekarang Anda bisa berkreasi membuat burger dengan bahan pengganti daging berbahan baku nabati. Salah satu produk inovasi pangan yang banyak dikembangkan dan telah digunakan secara komersil saat ini adalah Texturized Vegetable Protein atau yang lebih dikenal dengan TVP.

Texturized Vegetable Protein (TVP) bisa disebut juga sebagai bumbu yang dibuat dari tepung kedelai yang telah dikukus dan dikeringkan, sehingga menjadi protein lezat. Tekstur dari TVP mirip daging cincang, dan rasanya lezat jika dimasak dengan berbagai bumbu. TVP menjadi bahan yang sering dijadikan sebagai proses pengolahan produk daging olahan seperti sosis, burger, nugget dan lain-lain.

Baca Juga : Kenali Transglutaminase, Enzim untuk Memperbaiki Kulitas Pangan

Resep Burger dengan Texturized Vegetable Protein

1. Kembangkan 2 cangkir tepung protein sayuran untuk dijadikan bumbu burger dalam kaldu sayur.

2. Bumbu burger (TVP) bisa dicampurkan garam dan merica sesuai selera.

3. Anda bisa juga menambahkan kecap manis dan saus tomat sesuai selera pada adonan bumbu burger tersebut.

4. Campurkan telur untuk mengikat tepung protein sayuran.

5. Campurkan 1/4 cangkir tepung.

6. Bentuk adonan menjadi perkedel, kemudian panggang di suhu sedang selama 10-15 menit hingga cokelat dan renyah.

7. Masukkan daging ke dalam roti.

8. Tambahkan keju parut, mentimun, tomat, selada sesuai selera.

9. Sajian burger telah selesai dan siap untuk di santap.

Jika Anda ingin membuat burger secara hemat, Anda bisa mendapatkan Texturized Vegetable Protein di Indonesia melalui PT. Markaindo Selaras. Anda bisa menghubungi mereka di www.markaindo.co.id atau email marketing@markaindo.co.id. Produk Texturized Vegetable Protein (TVP) yang dijual Markaindo merupakan produk dari Crown soya, Crown soya sendiri adalah perusahaan asal China yang fokus memproduksi produk-produk olahan yang terbuat dari kedelai. dan produk-produk dari crown soya juga sudah berstandard internasional, jadi jangan ragu membeli produk texturized vegetable protein di Markaindo.