5 Jenis Sajian Sosis Frankfurter Yang Dapat Anda Coba di Rumah

  • kulit sosis Frankfurter

Frankfurter Sosis Asal Jerman

Sosis merupakan jenis makanan yang banyak digemari orang Indonesia, khususnya karena kepraktisannya. Sosis Frankfurter memilki ciri khas yaitu berdiameter lebih kecil dan memiliki aroma asap (smoky). Sosis Frankfurter yang biasa digunakan pada makanan adalah Sosis Frankfurter keluaran Wienie-Pak Cellulose Casing. Ada banyak jenis sajian yang dapat dibuat dengan bahan dasar sosis Frankfurter. Berikut beberapa pilihannya:

Sosis Bakar

Selain digoreng, sosis Frankfurter red juga dapat dibakar. Anda cukup mencampurkan ¼ sdt garam, ½ sdm merica hitam, 2 sdm kecap manis, ½ sdm kecap asin, 25 gr saus sambal dan 50 gr saus tomat untuk olesannya. Kemudian siapkan panggangan, letakkan beberapa sosis Frankfurter red, olesi saus yang sudah dibuat, dan Anda tinggal memanggangnya sampai sosis benar-benar matang.

Tumis Sosis Nugget

Untuk membuat tumis sosis nugget, Anda cukup memasukkan 50 gr bawang bombay yang sudah dicincang, 2 siung bawang putih yang sudah dicincang ke dalam 3 sdm minyak goreng dan tumis sampai harum. Tambahkan 50 gr kapri, 100 gr jagung manis, 4 buah sosis Frankfurter red yang sudah dibagi 4, dan 12 buah stick nugget yang sudah dibagi 4. Bumbui dengan 1 sdt minyak wijen, 2 sdm saus tiram, 2 sdm kecap inggris, ½ sdt garam, dan 1 sdt gula pasir, kemudian aduk rata dan tuangkan 1 sdm tepung terigu yang sudah dilarutkan dengan 2 sdm air, kemudian masak sampai mengental. Tumis sosis nugget Anda siap disajikan.

Kebab Sosis

Untuk membuat resep ini, cukup siapkan loyang yang sudah diolesi mentega, ambil adonan kulit yang sudah digiling tipis, masukkan sosis Frankfurter red, timun, mayonnaise, saus tomat, keju parut sesuai selera. Lipat bagian bawah, lalu gulung, letakkan di atas loyang dan masukkan dalam oven dengan suhu 150oC.

Roti Gulung Sosis

Roti gulung sosis ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda yang ingin praktis.  Anda cukup menyiapkan roti tawar tanpa kulit dan sosis Frankfurter. Bagi Anda pecinta keju, Anda dapat menambahkan beberapa lembar keju ke dalam roti. Kemudian, gulunglah roti yang berisi sosis dan keju, tambahkan telur sebagai perekat, kemudian goreng hingga matang dan kering.

Sosis Lilit Mie

Mungkin sudah banyak dari Anda yang mengetahui resep ini. Resep ini pun cukup mudah untuk dibuat. Cukup sediakan beberapa sosis Frankfurter dan 1 bungkus mie instan. Cukup rebus mie instan selama kurang lebih 3 menit dan tiriskan. Lilitkan mie pada sosis, tambahkan telor sebagai perekat kemudian kepal menggunakan telapak tangan dan goreng dengan minyak panas hingga berwarna cokelat keemasan. 

Roti Goreng Isi Sosis Keju

Untuk membuat sosis goreng isi sosis keju, siapkan Roti Tawar, tepung roti, telur, sosis frankfurter, keju, saus tomat, dan minyak goreng. Giling Roti Tawar menggunakan penggilingan roti, Belah Sosis frankfurter red menjadi 2, lalu goreng hingga matang, Letakkan Sosis, Keju & saus tomat kedalam Roti tawar yang telah digepengkan, lalu gulung (ujung roti diberikan telur agar menempel), Celupkan roti yang telah diisi kedalam telur lalu balurkan kedalam tepung roti, Setelah selesai dibalur tepung roti, panaskan minyak lalu goreng sampai warna kuning keemasan..Angkat lalu sajikan dengan saus sambal.

Sosis Asam Manis

Pertama-tama Anda siapkan 9 sdm minyak goreng , 6 batang sosis frankfurter, potong menjadi 5 bagian. Belah ujungnya, 4 buah tahu, potong dadu, 2 siungbawang merah, iris tipis, 2 siung bawang putih, keprak lalu iris tipis, 4 buah cabe hijau, iris melintang, 1 buahtomat, potong-potong, 1 sdm saus cabe, 3 sdm saus tomat, 1/2 sdt gula, 1/2 sdt garam, 6 buah bakso sapi, belah menjadi 4 bagian. lalu Anda Panaskan 10 sdm minyak goreng, goreng sosis frankfurter dan tahu sampai kecoklatan. Angkat dan sisihkan, Pada wajan yang sama tumis bawang merah hingga harum, masukkan bawang putih, tumis sampai kecoklatan. Tambahkan cabe, tomat, saus tiram, saus cabe, saus tomat, air, gula dan garam. Aduk rata dan tes rasa, Jika rasanya sudah pas. Masukkan bakso, sosis dan tahu. Aduk rata, masak sampai mendidih. Angkat dan sajikan.

Sosis krispi

Siapkan 250 sosis frankfurter red sapi dan Putih telur 1 butir. Buat bahan lapisan : Tepung bumbu isntan atau tepung bumbu racikan sendiri ( tepung biasa yang ditambah bumbu kaldu, merica . bawang putih bubuk) lalu siapkan (Tepung bumbu instan yang ku rekomendasikan buat  sosis krispi  ini : Tepung bumbu yang tidak terlalu asin dan hasilnya renyah )
Cara membuat Iris sosis serong setebal kira2 1 cm, celup ke putih telur, dan gulingkan ke tepung pelapis sambil di cubit2 supaya tepungnya menempel sempurna dan tebal. Goreng hingga renyah. Sajikan dengan saus sambal atau saus tomat sesuai selera.