5 Jenis Pasta Ala Italia yang Populer Dikalangan Orang Indonesia

  • jenis pasta

Apakah Anda salah satu penggemar pasta? Makanan ala Italia yang terkenal dikalangan orang Indonesia ini memiliki banyak ragam, mulai dari bentuk serta ukurannya yang berbeda-beda. Sehingga, dapat memengaruhi cita rasa karena cara pengolahannya yang tidak sama.

Proses pembuatannya juga cukup mudah, sehingga Anda bisa menemukan sajian ini pada berbagai restoran maupun membuatnya sendiri di rumah. Cukup direbus dan campurkan dengan saus tertentu akan membuat hidangan ini menjadi lebih menarik.

Sebelum mengetahui cara mengolah hidangan ini, Anda perlu mengetahui beberapa variannya. Lalu, ketahui juga jenis-jenis pasta ala Italia yang paling populer di negara kita, Indonesia. Yuk, simak ulasan berikut ini!

1. Spaghetti, Pasta Paling Populer

Jenis pasta pertama yang paling populer di Indonesia adalah spaghetti. Berbentuk panjang seperti mi yang lurus dan berukuran tebal. Namun, setelah dimasak hingga matang maka teksturnya akan berubah menjadi lebih lembut.

2. Gnocchi, Varian Makanan ala Italia dari Kentang

Masakan ala Italia ini memang memiliki tekstur berbeda karena bahan pembuatannya yang berasal dari kentang. Kentang rebus sendiri akan dihaluskan dan dicampur bersama bahan lainnya. Bentuknya juga cukup sederhana seperti persegi panjang dan biasa dimasak bersama dengan saus tomat.

3. Ravioli, Pasta Isi Daging

Jenis pasta selanjutnya yaitu ravioli berbentuk persegi yang memiliki isian seperti daging cincang, ayam, keju, jamur, atau olahan lainnya. Walaupun tidak berbentuk seperti pasta pada umumnya namun rasa yang dihasilkan cukup unik karena dapat memberikan kejutan melalui isian di dalamnya. 

4. Makaroni, Masakan Kesukaan Anak-anak

Masakan ala Italia ini cukup populer, khususnya dikalangan anak-anak. Bentuknya yang melengkung seperti tabung dengan kedua sisinya melengkung, memang cocok disajikan sebagai bahan dasar olahan mac and cheese. Lelehan keju di atas makaroni akan dapat membuat Anda tidak akan menyesal mengonsumsinya.

5. Lasagna, Lembaran Pasta Berlapis

Jenis pasta kali ini, memang memiliki cara penyajian yang berbeda yaitu dengan cara dipanggang. Berbentuk lembaran berukuran panjang dan lebar akan disusun secara berlapis dengan selingan isian daging, saus tomat, dan taburan keju di atasnya.

Itulah 5 jenis pasta ala Italia yang cukup populer di Indonesia sehingga, mudah Anda jumpai. Salah satu contoh olahan pasta sederhana yang bisa Anda buat sendiri di rumah yaitu Spaghetti Aglio Olio. Cukup sediakan bahan-bahan berikut ini.

Bahan:

250 gr spaghetti

200 gr udang kupas

50 ml minyak sayur

1 sdt bubuk peterseli

1 sdt bubuk paprika

1 sdt merica hitam

6 siung bawang putih, iris halus

3 cabai merah besar, iris tipis

Keju parmesan secukupnya

Garam secukupnya

Cara Membuat:

- Pertama yang harus Anda lakukan yaitu merebus pasta dengan sedikit campuran minyak dan garam lalu, tunggu hingga mencapai tingkat kematangan tertentu

- Selanjutnya, angkat dan tiriskan spagheti

- Tuangkan minyak ke atas wajan lalu tumis bersama bawang putih hingga harum

- Tambahkan cabai, bubuk paprika, dan udang ke dalamnya

- Masukkan spaghetti ke dalamnya dan aduk hingga rata lalu, berikan taburan parmesan di atasnya

Spaghetti aglio olio siap disajikan

Anda bisa mendapatkan berbagai jenis pasta dalam kemasan yang dijual di pasaran. Di dalam proses pembuatan pasta dibutuhkan bahan pengawet makanan agar dapat menghasilkan produk yang lebih tahan lama. Namun, Anda perlu memastikan bahan tersebut aman untuk digunakan.

Anda bisa mengetahui jenis-jenis pengawet yang aman dikonsumsi di sini. Dapatkan produk bahan pengawet makanan terpercaya dengan mengunjungi langsung website Markaindo di www.markaindo.co.id atau hubungi kami melalui email di marketing@markaindo.co.id.