5 Jenis Masakan Vegetarian Untuk Buka Puasa

  • makanan untuk buka puasa

Menjalani pola hidup seorang vegetarian sambil menjalani ibadah puasa memang terlihat cukup berat karena tidak memperoleh protein dari daging. Namun, orang yang tidak memakan masakan vegetarian juga memiliki risiko gagal menjalani puasa. Hal ini dapat diakibatkan karena pola makan yang salah seperti terlalu banyak makan saat berbuka puasa.

Hal ini dapat dihindari jika Anda memperhatikan komposisi makanan yang dikonsumsi dengan benar. Agar makanan yang dicerna oleh tubuh memiliki nilai gizi yang seimbang serta tidak mempunyai dampak negatif. Untuk itu, agar tidak salah dalam memilih menu untuk berbuka puasa berikut ada 5 jenis makanan untuk buka puasa yang aman untuk dikonsumsi selama bulan Ramadan.

1. Menu Berbuka dengan Buah Kurma

Salah satu makanan untuk buka puasa ini memang menjadi pilihan terbaik karena memiliki rasa manis. Setelah berpuasa seharian, tubuh butuh diberi makanan yang ringan terlebih dahulu agar tidak kaget. Kurma memiliki kandungan Glukosa, Fruktosa, dan Sukrosa tetapi kandungan kalorinya juga rendah. Sehingga, aman untuk dikonsumsi dan dapat mengembalikan energi tubuh yang hilang.

2. Menu Berbuka dengan Madu

Jika Anda ingin meminum minuman yang manis, sebaiknya hindari gula dan gantikan dengan madu. Pemanis alami dari alam ini memiliki manfaat yang baik untuk tubuh seperti mampu melancarkan metabolisme dan mengatasi berbagai gangguan pencernaan. Di dalam madu sendiri memiliki kandungan antioksidan, vitamin, kalsium, zat besi, sulfur, magnesium, kalium, dan mangan. Tidak hanya menyehatkan namun, madu yang menjadi salah satu makanan untuk berbuka puasa mampu mengembalikan stamina dan energi yang hilang saat puasa.

3. Menu Berbuka dengan Air Putih 

Saat berpuasa, tubuh akan kehilangan banyak cairan. Setiap harinya Anda masih memerlukan air dengan kadar minimal 8 gelas per harinya. Oleh karena itu, jangan jadikan puasa membuat Anda jadi malas untuk minum air putih sesuai kebutuhan tubuh ya. Pastikan saat berbuka puasa dan sahur, Anda minimal sudah minum 4 gelas air putih, sebelum tidur dan saat bangun tidur juga pastikan untuk meminum masing-masing 2 gelas air. Menggunakan cara ini pastinya tidak akan membuat tubuh menjadi kekurangan cairan.

4. Menu Berbuka dengan Buah-buahan Berair

Makanan untuk buka puasa dengan buah-buahan tentu tidak bisa ditolak. Rasa manis dan memiliki kandungan airnya yang cukup banyak mampu memberikan kesegaran pada tubuh dan ramah terhadap pencernaan. Anda dapat memilih buah-buahan seperti semangka, anggur, melon, dan timun suri untuk mencegah dehidrasi. Selain itu, untuk memperlancar pencernaan Anda juga dapat mengonsumsi buah pisang, pepaya, dan apel yang memiliki banyak kandungan serat.

5. Menu Berbuka dengan Sayur-sayuran

Sayuran memang identik dengan masakan vegetarian. Namun, ternyata menu berbuka dengan sayur memang dibutuhkan oleh tubuh karena mudah dicerna. Saat berpuasa seharian, lambung tidak akan bekerja dengan maksimal. Oleh karena itu, dibutuhkan sayuran agar lambung tidak terlalu keras dalam mengolah makanan. Selain itu, di dalam sayur juga terdapat kandungan serat, protein, mineral, dan zat besi yang berguna untuk tubuh.

Nah, ternyata berbuka dengan menu vegetarian tidak buruk, bukan? Walaupun tidak mendapatkan sumber protein hewani namun, tubuh Anda tetap mendapatkannya dari protein nabati. Menggunakan masakan vegetarian sebagai menu buka puasa akan membuat tubuh jauh lebih sehat, segar, dan bersemangat dalam menjalani ibadah dibulan suci ini. Baca disini jika Anda membutuhkan rekomendasi masakan vegetarian, atau Anda dapat buka website Markaindo di www.markaindo.co.id untuk info lebih lanjut