5 Jajanan Kaki Lima Populer di Indonesia yang Kini Mulai Mendunia

  • jual mesin pengolah makanan

Indonesia memiliki kekayaan bumbu dan rempah yang sudah mendunia. Hal ini bahkan sempat membuat bangsa lain ingin memiliki, bahkan menguasainya. Kelebihan ini pun menjadi salah satu penyebab Indonesia pernah dijajah bangsa asing.

Kekayaan kuliner ini sudah menjadi bagian dari sejarah sehingga harus dilestarikan. Pasalnya, Indonesia memiliki beragam menu masakan yang unik dan pastinya lezat berkat racikan tambahan aneka ragam bumbu. Semuanya bisa Anda temukan di berbagai tempat makan, mulai dari restoran hingga kaki lima.

Makanan kaki lima tak bisa diremehkan lagi karena beberapa jenis kuliner khas yang diperdagangkan di tempat-tempat ini sudah mulai dikenal secara internasional. Penasaran dan ingin mencicipinya juga? Berikut ini 5 makanan kaki lima yang populer tersebut.

1. Makanan Kaki Lima Bakso

Bakso menjadi salah satu makanan yang sangat populer di Indonesia hingga ke luar negeri. Makanan kaki lima ini memang dimiliki oleh setiap negara, tapi perbedaan cara penyajiannya membuat bakso dari Indonesia ini menarik minat banyak orang untuk mencicipinya. Tekstur bola daging yang empuk dan gurih sangat berbeda dengan bakso yang ada di negara lain.

2. Makanan Kaki Lima Martabak Manis

Siapa yang tidak kenal dengan makanan manis yang satu ini? Mulai dari anak-anak, dewasa, orang tua, hingga penduduk asing menyukainya. Anda bisa menemukan banyak gerai-gerai yang menjualnya di jalanan, khususnya saat sore menjelang malam hari.

Perpaduan topping yang berbeda pun bisa Anda temukan sebagai penambah rasa, seperti keju, cokelat, hingga kacang dan wijen. Selain itu, ada juga martabak goreng yang gurih karena terbuat dari campuran telur dan daging. Adanya beragam pilihan itu membuat popularitas makanan kaki lima ini terkenal hingga ke luar negeri.

3. Makanan Kaki Lima Sate

Sate menjadi sangat populer hingga ke luar negeri sejak mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, menyebutnya sebagai salah satu makanan favorit. Hingga saat ini semakin banyak orang, khususnya penduduk asing, yang ketagihan setelah mencicipinya. Sate memang memiliki cita rasa yang unik walaupun hanya dengan resep sederhana berupa daging ayam, bumbu kacang, kecap manis, dan sambal. Tak terhitung pedagang makanan kaki lima ini hingga muncul beragam varian lainnya seperti sate taichan.

4. Makanan Kaki Lima Batagor

Bakso tahu goreng atau lebih dikenal dengan batagor ini berasal dari Kota Bandung. Isian makanan kaki lima ini berbahan utama adonan ikan tenggiri yang disajikan dengan kuah bumbu kacang dan sedikit perasan jeruk limau. Perpaduan semua bahan tersebut akan menghasilkan rasa yang tidak bisa dilupakan.

5. Makanan Kaki Lima Lapis Legit

Lapis legit termasuk dalam salah satu jajanan yang banyak dicari juga. Kue tradisional yang ada di beberapa daerah ini memiliki rasa manis dengan bentuk berlapis-lapis. Tentu saja dalam proses pembuatannya membutuhkan kesabaran untuk menghasilkan makanan yang lezat ini. Lapis legit pada beberapa daerah di Indonesia ini dibuat menggunakan bahan dasar tepung, kuning telur, gula, dan mentega atau margarin.

Itulah 5 makanan kaki lima yang populer hingga ke luar negeri. Beberapa diantaranya terbuat dari bahan olahan yang membutuhkan waktu lebih untuk membuatnya menjadi adonan siap pakai. Untuk memudahkan proses pembuatannya, Anda bisa menggunakan mesin pengolah makanan. Tentu saja penggunaan alat tersebut dapat dimanfaatkan untuk mengolah daging dan aneka bumbu hingga semua bahan tercampur dengan baik. Dengan begini, hasilnya higienis sehingga makanan kaki lima racikan Anda bahkan bisa ditampilkan di festival-festival makanan. Anda pun tidak membutuhkan tenaga dan waktu yang lama untuk mengolah bahan-bahan tersebut.

Berbagai pilihan mesin pengolah makanan yang direkomendasikan dapat ditemukan di Markaindo sebagai tempat jual mesin pengolah makanan terpercaya. Informasi lengkap mengenai mesin tersebut bisa didapatkan di sini. Jika Anda tertarik membelinya, langsung saja kunjungi website resmi Markaindo di www.markaindo.co.id atau mengirimkan email di marketing@markaindo.co.id sekarang juga.