5 Ide Memasak Makanan dengan Bahan Sosis

  • Bahan Sosis

Salah satu bahan daging olahan yang bisa Anda andalkan saat tidak memiliki ide memasak adalah sosis. Semua orang sudah mengetahui jika sosis merupakan suatu makanan yang terbuat dari daging cincang, lemak hewan, terna dan rempah, serta bahan-bahan lain. Di banyak negara, bahan sosisbanyak dijadikan sebagai topping untuk pizza.

Di pasaran, sosis terdiri dari bermacam-macam tipe, ada sosis mentah dan juga sosis matang. Sosis identik dengan cita rasa yang gurih sehingga banyak disukai oleh masyarakat dunia baik anak-anak maupun orang dewasa. Untuk mengolahnya menjadi rasa sajian yang lezat juga tidak terlalu sulit. Dalam mengolah bahan sosis bisa dicampurkan ke nasi hingga sayuran. Jika sedang mencari lauk praktis, olah saja sosis jadi beberapa hidangan ini.

Nasi Liwet Sosis

Nasi liwet juga cocok bila ditambahkan dengan bahan sosis. Nasi liwet bisa dimasak di rice cooker bersama sosis, jagung, wortel, dan bahan pelengkap lainnya. Saat sudah matang, Anda bisa memberi topping telur dadar dan sosis tumis yang semakin menggugah selera makan Anda.

Orak-arik Tofu Sosis

Cara membuat masakan ini cukup mudah. Anda hanya tinggal menumis bahan seperti tofu, wortel, lettuce, dan sosis. Lalu diberi bumbu seperti merica, garam, dan kecap asin.

Serabut Sosis Bakar

Serabut sosis bakar bisa Anda buat dengan mencampurkan balutan telur. Cara membuat masakan ini, sosis harus dibakar terlebih dahulu. Setelah itu digulung dengan telur goreng yang akan membuat makanan ini makin lezat. Anda juga bisa memakan makanan ini dengan mencocolnya dengan saus sambal.

Baca Juga : Mengenal 3 Jenis Kulit Sosis yang Mudah Digunakan

Grilled Sausage

Anda bisa menyajikan makanan ala Barat dari bahan sosis yakni dengan membuat Grilled Sausage memakai sosis isi keju. Cara membuatnya pun cukup mudah. Masaklah bawang bersama sosis lalu tambahkan saus BBQ, saus cabai  dan mustard. Agar makanan tersebut bisa lebih nikmat disantap, Anda bisa memakannya bersama nasi, mashed potato, ataupun kentang goreng.

Onion Sausage

Menu dari bahan sosis ini bisa menjadi menu andalan sarapan maupun lauk makan siang. Bahan sosis bisa dimasak dengan bahan-bahan seperti bawang bombay, wortel, kentang dan buncis. Sebagai tambahan bisa diberi saus BBQ gurih dan makanlah dengan nasi putih hangat.

Dalam memilih sosis tidak bisa sembarangan. Sebenarnya di pasaran banyak sekali sosis yang dibuat dari bahan-bahan yang kurang berkualitas. Untuk itu, ketelitian dalam membeli sosis adalah hal penting jika Anda ingin menjaga kesehatan jangka panjang. Berikut ini ciri sosis berkualitas yang perlu Anda ketahui.

Sosis Berkualitas

Sosis berkualitas yang terbuat dari bahan alami, lebih aman dikonsumsi dan tidak menyebabkan gangguan kesehatan. Untuk mendapatkannya, perhatikan hal berikut:

1.Kemasan

Sosis yang berkualitas dan terjamin dikemas menggunakan kemasan bermerk dengan keterangan nama produsen, alamat, komposisi, info nutrisi (AKG), tanggal kadaluwarsa dan tercantum nomor registrasi BPPOM.

2.Warna

Perhatikan warna sosis saat membelinya, sosis daging memiliki warna coklat kemerahan layaknya daging sapi. Sedangkan sosis ayam berwarna coklat pucat alami layaknya daging ayam.

3.Aroma

Sosis yang terbuat dari daging sapi dan ayam akan mengeluarkan aroma sesuai bahan dasarnya, yakni daging. Aroma ini tidak begitu menyengat tapi tetap tercium hidung.

4.Tekstur

Sosis berbahan alami memiliki kekenyalan yang sedang. Tidak terlalu kenyal atau keras, tapi juga tidak terlalu empuk. Saat sosis dipotong, Anda akan melihat permukaan berpori yang berasal dari tekstur daging yang dihaluskan.

5.Ketika Dimasak

Sosis berkualitas warnanya tidak akan luntur ketika Anda memasaknya, baik ketika di goreng, rebus, maupun bakar. Selain warna, sosis alami juga tidak terlalu mengembang ketika dimasak dan dengan cepat mengerut setelah suhu mulai mendingin.

PT. MARKAINDO SELARAS, menyediakan berbagai pilihan casing sosis dari produsen-produsen ternama seperti Devro Collagen Casing dan MiniRalen Polyamide Casing dengan jaminan kualitas dan harga yang terjangkau, casing sosis ini bisa Anda gunakan untuk industri sosis homemade. Berminat membelinya? Anda bisa menghubungi PT. Markaindo selaras melalui website www.markaindo.co.id atau email marketing@markaindo.co.id.