5 Fakta Menarik Tentang Bubur Sumsum yang Perlu Anda Ketahui

  • makanan penutup

Indonesia merupakan surga bagi para pencinta kuliner. Semua jenis makanan ada, mulai dari makanan pedas, asin, hingga makanan manis. Bagi Anda pencinta makanan manis, Indonesia memiliki banyak makanan dan camilan manis khas Indonesia mulai dari kue putu, pisang ijo, kue pukis, hingga bubur sumsum.

Selain bubur kacang hijau, bubur sumsum merupakan bubur manis asal Indonesia yang menjadi incaran sebagian besar untuk menu sarapan atau sebagai makanan penutup. Tidak hanya disukai oleh orang dewasa, anak-anak pun juga menyukai bubur sumsum. Bubur ini terbuat dari bahan dasar tepung ketan dan disajikan lengkap bersama santan dan siraman gula merah.

Selain rasanya yang enak, ternyata bubur sumsum memiliki rentetan sejarah yang menarik untuk Anda ketahui, lho. Beberapa fakta menarik mengenai bubur sumsum yang wajib Anda ketahui yakni antara lain sebagai berikut:

Asal Usul Nama Bubur Sumsum

Fakta menarik yang pertama adalah arti kata sumsum atau asal usul nama sumsum dalam bubur sumsum. Nama sumsum tersebut ternyata berasal dari warnanya yang berwarna putih seperti warna sumsum tulang, oleh karena itu orang-orang memberikan nama sumsum. Asal sejarah bubur sumsum juga sebenarnya agak sulit untuk ditemukan karena kurangnya data mengenai bubur sumsum tersebut.

Bubur Sumsum Biasanya Dilengkapi dengan Biji Salak

Sebenarnya, bubur sumsum sudah nikmat walau hanya disajikan santan dan gula merah saja. Namun, biasanya bubur sumsum juga dilengkapi dengan panganan bernama biji salak. Terbuat dari umbi-umbian yang kemudian dibentuk bulat-bulat kecil menyerupai biji salak. Menu bubur sumsum dan biji salak biasanya sering dijumpai saat bulan Ramadan.

Varian Bubur Sumsum

Tak hanya yang berwarna putih menyerupai tulang sumsum saja, ternyata ada beberapa varian lainnya. Salah satu varian bubur sumsum yang menarik untuk dicicipi yakni bubur sumsum berwarna hijau. Warna yang dihasilkan dari daun suji atau daun pandan ini merupakan salah satu campuran bahan pewarna alami yang baik untuk dikonsumsi. Tentu saja, rasanya pun tak perlu dipertanyakan, enak dan menggugah selera!

Sejarah Bubur Sumsum

Fakta lainnya mengenai bubur sumsum yang tak kalah menarik untuk dibahas adalah sejarahnya. Siapa sangka, ternyata bubur sumsum tercipta karena nenek moyang kita pada zaman kolonial mengalami kesulitan dalam mencari bahan makanan pokok nasi, karena pada saat itu banyak lahan yang digunakan untuk keperluan penjajah.

Pada masa itu, masyarakat mencari cara untuk mengganti makanan pokok nasi dengan yang lainnya. Nah, ditemukan lah bubur sumsum yang sebelumnya terbuat dari bubur ketan, untuk memberikan porsi lebih banyak, selain itu nenek moyang kita pun juga memberikan air lebih banyak, dan jadilah bubur.

Filosofi dan Budaya Bubur Sumsum

Fakta menarik terakhir yang bisa Anda ketahui bahwa bubur ini sangat erat kaitannya dengan budaya dan sejarah. Tahukah Anda? Kalau bubur sumsum kerap dijadikan menu masakan di beberapa acara adat serta budaya di Pulau Jawa. Salah satu contohnya yakni acara 'Pitulungan' yang memiliki tujuan untuk meminta perlindungan kepada Tuhan agar dilancarkan keinginannya.

Lebih lanjut, bubur sumsum juga memiliki banyak filosofi, lho. Bubur sumsum dipercaya sebagai simbol rasa syukur dan kesederhanaan. Hal ini berkaitan dengan sejarah bubur sumsum yang tercipta karena keterbatasan pangan.

Itulah 5 fakta menarik mengenai bubur sumsum yang menarik untuk diketahui. Ternyata Anda juga bisa membuat bubur sumsum di rumah, lho. Beberapa bahan yang dibutuhkan ada tepung beras, santan, daun pandan, dan gula merah. Untuk membuat bubur sumsum Anda menjadi lebih lembut, Anda bisa menggunakan pati kentang atau potato starch.

Potato starch berfungsi untuk memperbesar ukuran produk maupun sebagai pembentuk tekstur tanpa mengubah rasa pada makanan. Jika Anda ingin membeli potato starch atau bahan tambahan pangan lainnya Anda bisa membelinya di Markaindo.

Markaindo jual potato starch dan bahan tambahan pangan berkualitas yang banyak dicari oleh pengusaha kuliner. Yuk, segera kunjungi website Markaindo di www.markaindo.co.id atau dapat mengirim email di marketing@markaindo.co.id untuk melakukan pemesanan.