5 Cara Unik Nikmati Sosis dengan Pengolahan yang Tak Biasa

  • selongsong-sosis

Siapa yang tak suka sosis? Bahan makanan satu ini memiliki rasa yang sangat lezat dan cocok dengan selera semua orang. Sosis juga bisa diolah dengan berbagai bahan dan bumbu, entah itu menjadi masakan yang sangat Indonesia dengan berbagai rempat atau disulap menjadi hidangan Western yang tak kalah lezat. Selongsong sosis kini sudah hadir sehingga dapat meningkatkan kualitas dari sosis yang dibuat.

Saat ini, membuat sosis sendiri juga sudah bisa dilakukan karena banyak tempat yang menjual selongsong sosis. Selongsong sosis ini merupakan pembungkus yang digunakan untuk menahan adonan daging agar bentuk sosis lebih rapi. Selongsong sosis juga membuat proses masak jadi lebih mudah dan adonan tetap padat saat diolah.

Kalau Anda ingin rasa yang lebih gurih, selongsong sosis alami dari usus hewan bisa dicoba. Namun kelemahannya, selongsong sosis ini cenderung lebih mudah sobek dan pecah karena sangat tipis. Kalau ingin yang lebih kuat, Anda bisa mencoba selongsong sosis yang terbuat dari bahan kolagen.

Setelah bisa membuat sosis sendiri, Anda tinggal bereksperimen dengan 5 cara pengolahan sosis yang super nikmat berikut ini:

Poaching

Teknin poaching ini akan menjaga tekstur dan rasa sosis tetap nikmat. Untuk melakukannya cukup mudah, Anda tinggal mendidihkan air di dalam panci kemudian memasukkan sosis yang sudah dipotong-potong ke dalamnya. Setelah beberapa menit, sosis siap diangkat dan disajikan. Teknik memasak ini bisa digunakan untuk Anda yang sedang diet dan tak ingin menggunakan campuran minyak atau bahan lain dalam pengolahan makanan.

Baking

Memanggang sosis adalah ide terbaik untuk Anda yang ingin menyantap sosis dengan teksur lebih kering. Agar lebih kaya rasa, bersamaan dengan memanggang sosis, panggang juga beberapa sayuran seperti tomat, bawang putih, dan asparagus. Setelah matang, sosis akan memiliki rasa yang lebih lezat dan sayuran tadi bisa sekaligus dijadikan hidangan pendamping.

BBQing

Teknik ini terinspirasi dari kebiasaan masyarakat Amerika untuk melakukan barbeque, yakni memanggang daging dengan saus khusus langsung di atas bara api. Nah, sosis juga cocok sekali diolah dengan cara ini karena bisa matang lebih cepat. Untuk mencoba teknik ini, pertama tusukkan sosis pada tusuk sate kemudian celupkan di dalam saus barbeque. Setelah itu panggang hingga kulitnya kecokelatan. Saat memanggang, olesi lagi sosis dengan saus supaya teksturnya tidak terlalu kering dan rasanya lebih meresap.

Stuffing

Cara satu ini dilakukan dengan cara mengisikan sosis ke dalam bahan lain, misalnya saja sayuran, ayam, ataupun roti. Untuk sayuran, tomat, kentang dan paprika adalah pilihan terbaik. Cincang sosis dan campur dengan bumbu, kemudian masukkan ke dalam tomat, kentang, atau paprika yang bagian tengahnya sudah dilubangi. Panggang hingga matang, Anda pun akan memperoleh olahan unik yang sangat lezat.

Crumble

Saat menggoreng sosis, suhu terlalu panas dan akhirnya sosis jadi pecah? Jangan terburu-buru dibuang. Sekalian saja keluarkan daging sosis dari dalam pembungkusnya dan gunakan untuk campuran saus pasta. Daging di dalam sosis akan menambah kenikmatan saus yang Anda buat. Anda juga bisa menumis bagian dalam sosis dan mengolahnya dengan berbagai jenis sayuran.

Nah, tertarik mencoba berbagai teknik masak tersebut dengan sosis buatan sendiri? Segera dapatkan selongsong sosis Devro Collagen Casing dengan menghubungi PT. Markaindo Selaras melalui website www.markaindo.co.id atau email marketing@markaindo.co.id.