5 Cara Olah Sosis Berdasarkan Jenisnya

  • kulit-sosis

Sosis bisa dibilang merupakan salah satu bahan makanan yang mendunia. Tak cuma terkenal di Eropa dan Amerika, sosis juga telah merambah Asia. Bahkan resep-resep dengan sosis bisa dengan mudah dijumpai di Asia termasuk Indonesia. Jajanan dengan bahan sosis pun bisa dengan mudah dijumpai di pinggir jalan. Sosis jaman sekarang juga sudah memiliki kulit sosis yang mudah untuk dimakan sehingga makin laku di pasaran dunia.

Terlebih lagi, kini sosis juga bisa lebih mudah dibuat sendiri karena telah ada kulit sosis yang terbuat dari kolagen. Jika dulu kulit sosis terbuat dari usus hewan dan mudah sekali pecah saat diolah, kulit sosis dari kolagen ini jauh lebih kuat dan elastis. Namun tentu saja, kulit sosis kolagen ini juga bisa dimakan seperti halnya kulit sosis alami.

Nah, bagi Anda pecinta sosis, tentu berkeinginan untuk mengenal berbagai jenis sosis sekaligus cara mengolahnya. Setiap jenis sosis memiliki karakteristik sendiri dan akan makin lezat jika diolah dengan cara yang tepat seperti berikut ini:

Kielbasa

Kielbasa merupakan sosis asal Polandia yang memiliki karakteristik rasa cukup ringan. Karena diolah dengan cara diasap, sosis jenis ini pun memiliki rasa smoky yang cukup kuat. Kielbasa biasanya juga memiliki sedikit rasa manis dan rempah yang digunakan dalam pembuatannya. Kielbasa ini paling nikmati disantap dengan cara dipanggang kemudian dicocol dengan saus. Namun Anda juga bisa mencoba memotong-motong dan menumisnya dengan berbagai sayuran.

Andouille

Andouille merupakan jenis sosis berempah yang kaya rasa dan berasal dari Cajun. Di dalam sosis ini, digunakan cukup banyak bumbu sehingga rasanya pun sangat kuat dan sedikit pedas. Andouille paling cocok diolah sebagai appetizer dengan digoreng atau dipanggang. Anda juga bisa mencampurkannya ke dalam masakan untuk menambah rasa berbeda.

Bratwurst

Bratwurst bisa dibilang sebagai salah satu jenis sosis paling populer di dunia. Berasal dari Jerman, saat ini Bratwurst sudah bisa dijumpai di berbagai negara. Di negara asalnya, Bratwurst terbuat dari daging babi yang dibumbui dengan garam, pala, dan juga sedikit jahe. Namun di banyak negara termasuk Indonesia, Bratwurst biasanya dibuat dari daging sapi. Cara terbaik untuk mengolah Bratwurstadalah dengan dipanggang. Berikan cukup banyak minyak untuk mencegah kulit sosis pecah saat dipanggang.

Italian Sausage

Sosis asal Italia ini terbagi ke dalam 2 jenis, yakni yang manis dan pedas. Sosis yang pedas biasanya dibuat dari daging babi dengan bumbu garam, bawang putih, dan bubuk cabai. Namun banyak juga sosis ala Italia yang terbuat dari daging sapi muda. Sosis Italia paling pas diolah menjadi topping pizza. Anda juga bisa menumisnya dengan saus tomat and menjadikannya sebagai campuran untuk pasta. Sosis ini pas pula disantap dengan roti untuk sarapan.

Chorizo

Chorizo merupakan jenis sosis yang berasal dari Meksiko. Seperti masakan Meksiko pada umumnya, chorizo memiliki rasa berempah dan sedikit pedas. Chorizo ini paling pas disantap sebagai isian sesuatu, misalnya saja burrito. Tinggal panggang kulit burrito, masukkan chorizo dengan tambahan saus. Anda pun bisa menikmati chorizo yang kaya rasa.

Jika ingin mencoba membuat sosis sendiri dengan kulit sosis kolagen, Anda bisa mengubungi PT. Markaindo Selaras melalui website www.markaindo.co.id atau email marketing@markaindo.co.id. Ada juga produk lain yang cocok untuk membuat tekstur sosis lebih enak dan kenyal yakni tepung kedelai atau Isolated Soy Protein.