5 Cara Membuat Daging Asap dengan Meat Netting

  • Meat Netting

Daging asap atau smoked beef adalah bahan makanan yang populer di banyak tempat. Olahan ini populer digunakan oleh Pizza atau Chicken Cordon Bleu sebagai bahan utama. Berbeda dengan olahan daging sapi lainnya, smoked beef ini berasal dari potongan daging asli.

Dengan tekstur yang lembut, smoked beef menjadi pilihan yang tepat untuk memanjakan lidah. Bagi Anda yang ingin membuat daging asap, ada beberapa cara perlu dilakukan. Pasalnya, jika tidak tepat dalam proses pengolahannya, rasa dari smoked beef akan tidak selezat yang Anda bayangkan.

Maka dari itu, berikut ini 5 cara membuat daging asap yang perlu Anda ketahui:

Pilih Daging Segar

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan memiliih daging yang masih segar. Daging segar yang dimaksudkan adalah daging yang dipotong di hari yang sama saat Anda membelinya. Pasalnya, kesegaran inilah yang akan membuat daging bertekstur lembut. Tidak masalah jenis daging yang Anda olah.

Manfaatkan Daun Teh

Setelah memotong daging dan sebelum mengasapinya, sangat disarankan untuk merendamnya ke dalam air garam selama 1 hingga 2 jam terlebih dahulu. Simpan di kulkas agar garam menyerap lebih dalam. Apabila telah selesai, buat adonan daun teh, merica utuh, kayu manis, kulit lemon, serta beras mentah dan campurkan ke daging kemudian bungkus dengan aluminium foil.

Gunakan Beras dan Tusuk Sate

Selain cara tersebut di atas, Anda dapat menggunakan beras dan tusuk sate. Anda cukup menyiapkan wajan tanah liat yang diisi dengan beras mentah dan minyak lalu susun tusuk sate di atasnya hingga berbentuk rak.

Pakai Serutan Kayu

Tidak hanya itu, Anda juga dapat mengasapi daging dengan memanfaatkan serutan kayu atau batook kelapa. Caranya, Anda hanya perlu meyiapkan panci kukusan yang diisi dengan seruta kayu tadi dan letakkan daging di atas raknya, lalu tunggu hingga sejam.

Gunakan Meat Netting

Untuk mendapatkan cita rasa yang maksimal, Anda perlu menggunakan Meat Netting. Produk ini sering digunakan dalam industri pengolahan daging, khususnya untuk produk-produk seperti smoked beef, smoked chicken, roasted lamb dan lain-lain.

Tujuan adalah untuk membuat produk agar tampil lebih menarik, juga berfungsi untuk menggabungkan atau mengikat beberapa bagian daging yang terpisah menjadi satu produk utuh.

Meat Netting merupakan produk berbentuk jaring atau anyaman melingkar yang disusun secara spiral tanpa sambungan. Produk ini terbuat dari tali karet food grade yang dibungkus dengan bahan polyester.

Semua bahan yang digunakan dalam Meat Netting ini telah memenuhi peraturan U.S. Code of Federal Regulation title 21 section 177.2600 and 177.2800 sehingga aman digunakan untuk industri makanan.

Untuk mendapatkannya, Anda bisa menghubungi PT. Markaindo Selaras. informasi lebih lanjut tentang meat netting Anda dapat mengakses ke website www.markaindo.co.id atau menghubungi email marketing@markaindo.co.id.