5 Bahan yang Cocok untuk Pembuatan Sosis

  • Bahan yang Cocok untuk Pembuatan Sosis

Salah satu produk olahan daging yang banyak disukai adalah sosis. Selain rasanya yang gurih, sosis juga praktis untuk diolah dan disajikan sebagai lauk sehari-hari. Cara membuat sosis pun cukup praktis dan mudah. Sosis biasanya terbuat dari daging sapi, ayam, atau domba yang dihaluskan, kemudian ditambah bahan-bahan lainnya seperti tepung dan bumbu penyedap.Adonan ini kemudian diaduk jadi satu dan dimasukkan ke dalam selongsong sosis yang panjang. Bahan pembuat selongsong sosis ini bisa dari bahan alami seperti usus kambing, atau bahan sintesis yang bisa dimakan. 

Tapi tahukah anda dengan pesatnya perkembangan teknologi banyak bentuk dan jenis pengolahan dari sosis. Sosis tidak lagi terbuat dari bahan makanan umum seperti daging sapi, ayam dan domba tetapi saat ini sosis bisa terbuat dari bahan dasar ikan atau udang. Berikut ini beberapa bahan yang cocok untuk pembuatan sosis :

Ayam

Jika anda atau anak anda tidak begitu suka dengan sosis berbahan dasar daging, maka anda bisa memilih sosis yang menggunakan ayam dalam proses pembuatannya. Sosis ayam menjadi favorit anak-anak karena rasanya yang enak dan gurih. Selain enak dan gurih ternyata sosis ayam memiliki beberapa manfaat seperti Vitamin B12 yang berfungsi dalam mengaktifkan struktur folat yang dibutuhkan dalam metabolism sel-sel. Selain bermanfaat harga sosis ayam lebih murah dibandingkan dengan sosis sapi.

 

Sapi

Sosis daging merupakan salah satu makanan yang mempunyai rasa tak perlu diragukan. Bukan hanya nikmat tetapi juga kaya nutrisi. Kemudian, makanan ini juga salah satu yang membuktikan rasa serta kualitas yang tinggi. Satu porsi makanan ini yang kenyal bisa memberikan anda tambahan energi di pagi hari, sangat tepat sekali untuk sarapan enak dan penuh nutrisi. Sosis yang menggunakan bahan pembuatan daging memiliki kandungan protein cukup tinggi yang baik untuk menemani sarapan anda. Jika anda bosan untuk memakan sosis sapi komersial yang dijual di supermarket, anda bisa membuat sendiri dirumah. Jangan lupa gunakan bahan dan alat yang aman dan sehat. Salah satunya adalah clip daging sapi. Clip daging sapi yang sehat dan aman mampu mempertahankan aroma dan mutu dari adonan olahan daging. 

Domba

Sosis sebenarnya bukan jajanan asli masyarakat Indonesia, tetapi begitu populer di setiap sajian makanan Indonesia. Sosis awalnya diolah dengan tujuan untuk mengawetkan setiap makanan yang berbahan baku daging. Akan tetapi dengan kemajuan teknologi berbagai macam varian baru sosis tercipta. Salah satu jenisnya adalah sosis yang menggunakan domba sebagai bahan pembuatannya. Saat ini rasa sosis domba dibumbui dengan berbagai macam campuran yang membuat rasanya menjadi gurih dan lezat. Biasanya sosis domba paling enak diolah dengan cara di bakar.

Ikan

Sosis ikan merupakan salah satu olahan yang dibuat dari ikan dengan tambahan bumbu. Tentu anda sudah tidak asing dengan makanan ini. Saat ini cukup mudah untuk mendapatkan makanan ini, karena banyak penjual dipinggiran jalan yang menjajakan makanan ini. Pada umumnya makanan ini dibungkus dalam suatu pembungkus yang menggunakan bahan sintesis. Biasanya makanan diolah sebagai pelengkap atau topping yang sanagat popular untuk pizza dan olahan makanan lainnya.

Udang

Selain praktis dan awet, sosis ialah makanan yang mempunyai kelezatan serta rasa gurih yang spesial. Hal inilah yang menjadi satu diantara alasan kenapa makanan ini tinggi sekali penggemarnya di Tanah air. Jika anda bosan dengan varian sosis yang ada anda bisa mencoba sosis udang. Selain memiliki kandungan nutrisi yang tinggi, sosis udang mengandung cita rasa yang berbeda dari pada umumnya. Karena pemakaian udang sebagai bahan pembuatan sosis, Anda akan merasakan taste seafood saat memakannya.

Itulah beberapa bahan dasar yang cocok untuk pembuatan sosis. Jika anda ingin mencoba membuat sosis dirumah atau ingin membuat usaha olahan daging seperti sosis anda harus memperhatikan bahan dan alat yang digunakan, selain menggunakan bahan yang aman dan sehat anda juga perlu menggunakan alat yang sehat dan aman.

Salah satu alat yang digunakan untuk pembuatan sosis adalah clip daging sapi. Clip daging sapi merupakan sebuah alat yang berfungsi untuk mengunci, mengikat atau menutup makanan olahan dari daging yang biasa digunakan seperti pada pembuatan sosis dan makanan olahan lainnya.

Clip daging sapi sangat berguna dalam menjaga kualitas daging. Selain itu, clip daging sapi juga mampu mempertahankan aroma dan mutu dari adonan olahan daging. Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih jauh tentang clip daging sapi,  Anda dapat menghubungi PT Markaindo Selaras di halaman kontak website di www.markaindo.co.id. Anda juga dapat mengetahui tentang detail produk dan informasi lainnya dengan mengirimkan email ke  marketing@markaindo.co.id.