5 Bahan Utama Yang Harus Ada di Dapur

  • bumbu dapur yang wajib ada

Memasak merupakan kegiatan yang membutuhkan konsentrasi agar makanan yang dihasilkan menjadi nikmat dan bumbu merupakan bahan pelengkap yang digunakan untuk menyempurnakan masakan. Selain itu, dalam memasak juga membutuhkan kesabaran dalam mengolah bahan mentah menjadi makanan lezat. Untuk anda yang memiliki jadwal sangat padat namun ingin tetap dapat memasak masakan sendiri, tidak usah khawatir karena saat ini telah tersedia bahan tambahan pangan dalam bentuk bubuk yang dapat langsung digunakan sehingga menghemat waktu untuk memasak. Tidak perlu khawatir akan kandungan nutrisinya karena bumbu dapur kering ini berasal dari bahan-bahan yang berkualitas tinggi yang telah dikeringkan tanpa menghilangkan kandungan manfaat dan nutrisinya.

Bingung untuk memilih bumbu dapur yang harus dibeli diantara banyaknya bumbu dapur yang digunakan dalam masakan nusantara? Berikut ini ada 5 bumbu dasar yang wajib ada di dapur anda, yaitu:

Bawang Putih

Setiap masakan biasanya akan menggunakan bumbu dapur yang satu ini. Rasa dan aroma bawang putih saat dimasak memang melengkapi setiap makanan. Selain enak, bawang putih juga memiliki banyak manfaat baik yang bisa didapatkan dengan mengkonsumsinya secara langsung, salah satunya yaitu mengeluarkan racun dari tubuh melalui pori-pori kulit sedangkan untuk penderita jantung, bawang putih juga bisa menurunkan kadar kolesterol. Bawang putih juga baik dikonsumsi untuk penderita diabetes karena dapat meningkatkan tingkat insulin dalam aliran darah

Bawang Bombay

Bawang bombay merupakan jenis bawang yang memiliki ukuran yang lebih besar dan bulat dibandingkan dengan jenis bawang lainnya, bawang bombay memiliki wangi yang tidak terlalu tajam namun memiliki rasa yang manis. Selain ditumis, bawang bombay juga bisa disantap dalam kondisi segar sebagai campuran dari salad dan dapat dijadikan camilan onion ring dengan menggorengnya dalam balutan tepung.

Paprika

Warna yang dimiliki oleh bubuk paprika memiliki warna jingga bila dibandingkan dengan warna pada bubuk cabai. Meski mirip, bubuk paprika memiliki karakter rasa yang berbeda. Dengan rasa yang tidak terlalu pedas seperti bubuk cabai, bubuk ini juga memiliki sedikit rasa manis. Paprika memiliki kandungan nutrisi dan vitamin yang baik untuk kesehatan. Rasa unik yang dihasilkan oleh paprika sangat cocok untuk anda yang tidak ingin rasa pedas yang mendominasi rasa dalam masakan. Ini menjadikan rempah yang satu ini menarik untuk dicoba pada berbagai kreasi di dapur rumah.

Rosemary

Rosemary dalam Bahasa aslinya memiliki arti “embun dari laut”. Sebutan ini sangat cocok karena aroma yang dimilikinya unik dan cukup kuat. Dengan bentuk seperti jarum dengan aroma yang mirip campuran lemon dan pinus. Rosemary dapat digunakan sebagai bumbu dalam hidangan seperti sup, casserole, salad, dan juga semur. Rosemary juga sering digunakan sebagai bumbu dalam memasak ayam, unggas, domba bahkan ikan untuk menghilangkan bau amis dalam daging.

Oregano

Oregano merupakan bumbu yang sering ditemui pada masakan Italia seperti pada saus pizza atau pasta.  versi keringnya mampu menambahkan kompleksitas rasa tanpa mendominasi bahan lainnya. Oregano kering memiliki aroma yang cukup kuat dan unik serta memiliki rasa sedikit pahit dan pedas.

Nah, itu dia 5 bumbu dasar yang wajib dimiliki di dapur untuk membantu mempermudah memasak masakan. Namun, tidak memiliki waktu untuk berbelanja di supermarket sebaiknya anda berbelanja di www.markaindo.co.id yang menyediakan bahan tambahan pangan yang lengkap juga berkualitas dari Wiberg Seasoning & Spices.