5 Aneka Olahan Sosis yang Sangat Enak

  • Aneka olahan sosis

 

Macam-macam olahan sosis terbaik di dunia yang pasti sangat Anda sukai untuk menjadi tambahan dari segala macam masakan Anda. Sosis terbuat dari aneka daging cincang seperti babi, sapi, domba, serta ayam yang kemudian diberi aneka bumbu rempah-rempah dan diisikan ke dalam usus hewan yang sudah dicuci bersih lalu direbus, dikukus, atau diasapi hingga matang. Biarpun banyak yang menyukai, namun jarang yang benar-benar mengetahui jenis dan asal sosis yang dikonsumsi. Agar kita semakin tahu apa jenis sosis yang sebenarnya baik untuk masakan kita, yuk simak artikel ini!

1. Sosis Andouille dari Perancis

Karena jarang menggunakan jeroan sebagai bahan masakan mereka, maka Perancis mengolah jeroan dengan menghaluskan dan mencincangnya kemudian dicampurkan dengan daging babi serta bawang putih cincang, paprika, dan lada hitam agar menjadi Sosis Andouille. Inilah yang membuat sosis andouille memiliki tekstur yang sangat kenyal. Macam olahan sosis yang satu ini biasanya disajikan dengan kacang merah.

2. Sosis Loukaniko dari Yunani

Macam olahan sosis yang berasal dari Yunani ini dari segi tampilan memang lebih berwarna dan menggugah selera karena terbuat dari campuran bahan-bahan yang cukup unik yakni dari daging babi atau domba cincang yang diberi daun jeruk, bawang putih, daun ketumbar, oregano, thyme, dan yang membuatnya unik adalah penggunaan buah jeruk dan anggur di dalamnya. Bayangkan cita rasa sosis dengan buah-buahan ini. Sangat menggiurkan bukan?

3. Sosis Bockwurst dan Knockwurst dari Jerman

Tidak hanya terkenal di negara asalnya, tetapi sosis bockwurst dan knockwurst juga menjadi salah satu yang paling populer dari berbagai macam menu aneka olahan sosis di Indonesia. Kedua macam olahan sosis ini juga yang paling banyak diimpor ke seluruh dunia. Kamu bisa dengan mudah menemukan sosis bockwurst dan knockwurst di swalayan atau supermarket Indonesia. Cara membedakan bockwurst dan knockwurst adalah: bockwurst terbuat dari daging sapi, domba, atau kalkun yang dibumbui lebih banyak bumbu seperti lada putih, garam, paprika, bawang, dan peterseli. Knockwurst terbuat hanya dari daging sapi dan babi yang dibumbui bawang putih.

4. Sosis Merguez dan Boerewors dari Afrika

Berbeda dari cara-cara negara lain membuat sosis, sosis dari Afrika tidak terbuat dari daging sapi atau daging babi, namun justru terbuat dari daging domba segar. Meskipun sama-sama menggunakan daging domba, tapi bumbu rempah yang digunakan berbeda. Merguez yang berasal dari Afrika Utara menggunakan bumbu rempah yang lebih tajam seperti jinten, cabai rawit, harissa, bawang putih, adas, dan lain sebagainya. Sedangkan boerewors yang berasal dari Afrika Selatan ini menggunakan lebih banyak lemak dengan bumbu ketumbar, lada hitam, pala, cengkeh, dan cuka.

5. Sosis Chorizo

Terakhir ada Sosis Chorizo yang berasal dari Meksiko. Terbuat dari kelenjar daging sapi yang masih segar, sosis ini lalu kemudian dibumbui dengan paprika, cabe, dan cuka sehingga warnanya menjadi lebih kemerahan dibanding sosis lainnya. Macam olahan sosis yang satu ini biasanya difermentasikan dengan cara dijemur atau diasapi sehingga teksturnya jadi lebih padat. Chorizo tak hanya banyak ditemui di Meksiko tapi juga Portugis dan Spanyol.

 

Anda termasuk orang yang senang membuat aneka olahan sosis sendiri? Bila ingin membeli bumbu sosis yang cocok, PT. Markaindo Selaras menjual segala macam bumbu dari Wiberg yang sesuai untuk segala kebutuhan Anda, termasuk dalam membuat sosis. Berbagai macam jenis bumbu tersedia oleh Wiberg, sebab memang perusahaan ini fokus sebagai penyedia bumbu yang paling dapat diandalkan sehingga produk-produk dari Wiberg terkenal dengan jaminan kualitasnya.

Bila anda tertarik untuk menggunakan berbagai jenis produk dari Wiberg, Anda bisa mendapatkan semua produk Wiberg di PT. Markaindo Selaras. Anda bisa mengunjungi website-nya di www.markaindo.co.id