4 Tips Menyimpan Makanan di Lemari Es Agar Awet dan Tidak Cepat Basi

  • makanan awet

Mengawetkan makanan sudah sering dilakukan oleh sebagian besar masyarakat, sejak zaman dahulu. Tak hanya di Indonesia, teknik yang satu ini juga telah dilakukan dengan cara yang berbeda-beda, mulai dari diasinkan kembali dengan garam dan juga dikeringkan hingga melalui proses pasteurisasi. Saat ini, zaman telah berubah dan Anda bisa menyimpan makanan di lemari es, agar kualitasnya bisa terjaga dan tetap segar lebih lama.

Namun, menyimpan makanan di lemari es pun juga tidak sembarangan, lho. Tentu saja memiliki teknik tersendiri agar makanan dan minuman bisa tetap segar dan tahan lama. Sebelumnya, Anda bisa mengetahui terlebih dahulu 4 tips menyimpan makanan di lemari es agar awet dan tidak cepat basi berikut ini.

Memperhatikan Suhu Lemari Es

Salah satu tips atau teknik menyimpan makanan di lemari es agar makanan tetap awet dan tidak cepat basi adalah dengan cara selalu memerhatikan suhu lemari es Anda. Pastikan kembali, suhunya berada pada tingkat 5 derajat celcius agar pertumbuhan bakteri berbahaya bisa terhambat.

Selain itu, Anda juga bisa melilhat dan menggunakan termometer lemari es untuk menentukan suhu yang tepat. Tak hanya itu saja, Anda juga harus memeriksa kembali minimal seminggu sekali pada pagi hari. Tujuan dari hal tersebut, untuk menjaga suhu lemari es agar tetap stabil. Pastikan juga, ya pintu lemari es Anda selalu tertutup rapat.

Usahakan jangan menyimpan makanan terlalu banyak, karena hal ini mampu menghambat sirkulasi udara di dalam lemari es Anda. Hasilnya, makanan akan cepat basi dan tidak segar lagi.

Menyimpan Makanan di Lemari Es sesuai Jenisnya

Tips kedua yang bisa Anda lakukan adalah, menyimpan makanan sesuai dengan jenisnya. Lemari es memiliki banyak rak, dan sebaiknya Anda jangan mencampur satu jenis makanan dengan yang lainnya. Pasalnya, jika Anda menyimpan berbagai makanan bersamaan, bakteri atau mikroba yang sudah tidak segar pun akan bercampur sehingga membuat makanan lebih cepat busuk.

Sebagai contoh, Anda bisa menaruh makanan yang sudah matang seperti daging matang, yogurt serta keju di rak bagian tengah dan atas. Lebih lanjut, Anda bisa menaruh buah-buahan maupun sayuran di bagian bawah. Nah, untuk makanan mentah seperti ikan, daging, mentah dan unggas, sebaiknya Anda simpan di dalam wadah tertutup di bagian freezer dengan suhu rendah agar bakteri tidak bisa tumbuh.

Membersihkan Lemari es Secara Teratur

Tips menyimpan makanan di lemari es agar makanan awet adalah dengan cara membersihkan lemari es secara teratur. Hal ini dapat mencegah penyebaran bakteri atau kuman akibat makanan Anda kedaluwarsa. Anda bisa memulai membersihkan rak, kompartemen, hingga bagian pegangan lemari es Anda.

Pastikan Anda mengeluarkan semua makanan atau minuman terlebih dahulu sebelum membersihkan semua bagiannya. Hal ini tentunya perlu Anda lakukan seminggu sekali sambil mengecek kondisi makanan yang ada di dalamnya. Nggak mau kan, makanan Anda busuk begitu saja karena terlalu lama berada di lemari es?

Pastikan Suhu Tetap Terjaga

Tips terakhir agar makanan Anda tetap awet di lemari es adalah dengan cara memastikan suhu tetap terjaga. Suhu di dalam lemari es tentu akan menentukan kesegaran makanan Anda di dalam lemari es. Jika suhu di dalam lemari es di atas 5°C akan membuat bakteri bisa tetap tumbuh. Lebih lanjut, ada baiknya Anda bisa mengatur suhu antara 1-4°C agar menghindari pertumbuhan bakteri karena bakteri tidak dapat hidup di suhu 1-4°C.

Untuk makanan mentah seperti daging dan makanan beku Anda bisa menyimpan dalam suhu antara -18°C agar memberikan sirkulasi udara yang baik dan membunuh bakteri.

Itulah 4 tips menyimpan makanan di lemari es agar makanan awet dan tidak cepat basi. Selain menyimpan di dalam lemari es, Anda juga bisa memberikan bahan pengawet makanan agar makanan Anda tetap awet. Salah satu bahan pengawet makanan yang aman Anda yaitu bahan pengawet makanan dari Koyo Chemical Industry Co.

Koyo Chemical Industry Co merupakan perusahaan Jepang yang berdiri pada tahun 1958. Perusahaan ini bergerak pada bidang pengembangan produk bahan pengawet sebagai antisipasi terjadinya perubahan dalam kebudayaan makanan pada masyarakat. Saat ini keberadaan pengawet yang aman, dipercaya, tepat dosis sangat penting dan dipadukan.

Jika Anda ingin membeli produk bahan pengawet makanan yang aman dari Koyo Chemical Industry Co, Anda bisa membelinya di Markaindo. Markaindo menjual bahan pengawet makanan yang aman serta menjual berbagai bahan tambahan pangan yang terjamin kualitasnya.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa dengan mudah mengunjungi website-nya di www.markaindo.co.id atau bertanya dan melakukan konsultasi lewat e-mail di marketing@markaindo.co.id.