4 Cara Agar Daging Tetap Awet dan Segar

  • Clip daging

Salah satu bahan makanan yang menjadi sumber protein yang tinggi adalah daging. Selain sebagai sumber protein daging juga menjadi sumber mineral yang kaya akan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh.

Daging menjadi favorit banyak keluarga karena mudah diolah menjadi menu makanan yang lezat. Namun, menjaga daging agar tetap awet dan segar penting untuk dilakukan. Hal ini juga akan menjaga kandungan gizi dan proteinnya agar tidak hilang.

Bagaimana cara menjaga daging agar tetap awet dan segar? Berikut 4 cara yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah:

Memotong Daging

Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk menjaga kesegaran daging adalah dengan memotong-motong daging terlebih dahulu ke dalam ukuran ½ atau 1 kg. Setelah itu, masukkan ke dalam kantong plastik transparan.

Masukkan ke Dalam Freezer

Selanjutnya, daging yang telah dibungkus plastik kemudian dimasukkan ke dalam lemari pendingin (freezer). Hal ini dilakukan agar daging tetap awet dan segar. Tidak hanya, pertumbuhan bakteri jahat yang dapat merusak daging pun dapat terhambat di suhu yang beku.

Menentukan Suhu Penyimpanan

Tahukah Anda bahwa suhu penyimpanan daging di dalam lemari pendingin juga berpengaruh terhadap keawetan dan kesegerannya? Agar dapat tetap terjaga, daging segar ada baiknya disimpan di dalam suhu -1 hingga 1 derajat celcius. Jika lebih dari suhu tersebut, maka kemungkinan besar bakteri akan tumbuh dan daging lebih mudah untuk membusuk.

Mengemas Secara Tepat

Satu lagi yang tidak boleh Anda lewatkan ketika menyimpan daging adalah dengan melakukan pengemasan secara tepat. Penggunaan bungkusan akan sangat berpengaruh. Maka dari itu, Anda sebaiknya menggunakan plastik wrap sebagai pembungkus yang ideal agar kesegaran daging dapat tetap terjaga.

Selain plastik wrap, ada juga clip daging yang kerap kali digunakan di dalam industri pengolahan daging. Clip daging sendiri berguna untuk mengunci, mengikat, serta menutup makanan olahan yang terbuat dari sehingga kualitas daging dapat tetap terjaga.

Salah satu makanan olahan daging yang sering menggunakan clip daging adalah sosis. Hal ini digunakan tidak hanya sekedar mengunci adonan daging, tapi juga menjaganya agar tetap higienis dan tak berubah aromanya.

Perusahaan penghasil clip daging adalah London Clip yang telah berpengalaman selama lebih dari 20 tahun menyediakan kebutuhan konsumen untuk clipping machines dengan berbagai tipe, mulai dari yang paling sederhana hingga clip yang telah menggunakan teknologi termutakhir.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh tentang detail produk dan cara pemesanan clip daging dan perlengkapan pengolahan makanan lainnya, Anda dapat menghubungi kami di halaman kontak website di www.markaindo.co.id. Anda juga dapat mengirimkan email ke  marketing@markaindo.co.id. Berbelanja perlengkapan usaha pangan yang mudah, praktis dan lengkap hanya di Markaindo Selaras.