4 Aneka Olahan Sosis Enak yang Bisa Dibuat Sendiri

  • aneka olahan sosis enak

Sosis merupakan makanan yang terbuat dari daging cincang, lemak hewani, serta taburan rempah bisa jadi pilihan. Makanan favorit untuk segala jenis usia ini ternyata  bisa dibuat menjadi aneka olahan sosis agar menu makanan bervariasi.

Nah, buat yang masih bingung untuk membuat masakan apa dengan bahan sosis? Berikut ini beberapa olahan sosis enak yang bisa dibuat sendiri di rumah. Apa saja? Yuk, simak 7 di antaranya di bawah ini:

Sosis Bakar Pedas Manis

Resep olahan sosis yang banyak diminati dari berbagai kalangan dan mudah untuk dibuat sehari-hari adalah sosis bakar pedas manis.  Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat makanan yang satu ini antara lain, 10 buah sosis, 10 batang tusuk sate, 2 siung bawang putih yang telah dihaluskan, 3 sdm saus sambal, 2 sdm kecap manis, mentega dan mayonaise secukupnya.

Untuk membuatnya, kerat sosis sesuai selesai kemudian tusuk menggunakan tusukan sate. Padukan bawang putih, kecap, dan saus menjadi kental dan oleskan ke sosis hingga merata. Panaskan mentega di atas wajan datar lalu bakar sosis hingga bentuknya mereka. Sapukan mayoinaise dan sosis pun siap untuk disantap.

Tumis Sosis Saus Merah

Bagi mereka yang membutuhkan kuah dan lauk sekaligus, tumis sosis saus merah ini cocok untuk dijadikan menu makanan. Beberapa bahan yang diperlukan antara lain 10 buah sosis yang telah dipotong-potong, 2 buah bawang bombay yang diiris-iris, 2 buah wortel yang dipotong-potong, 2 siung bawang putih yang telah dicincang, 4 sdm saus tomat, 1 sdm kecap asin dan manis, 1 sdm tepung maizena, 1 sdm mentega, serta 100 ml air.

Langkah awal untuk membuat resep ini adalah Anda cukup memanaskan mentega terlebih dahulu kemudian tumis sosis hingga berubah warna. Campur wortel, bawang putih, dan bawang bombay lalu  aduk hingga rata.

Setelah itu, campur juga saus tomat, kecap asin dan manis, serta air. Untuk di panci lainnya, cairkan tepung maizena dan campurkan seluruh bahan tadi. Resep sosis enak ini pun siap untuk di santap.

Pizza Sosis Telur Dadar

Untuk menu sarapan pagi, Anda dapat membuat pizza sosis telur dadar. Siapkan 4 butir telur yang telah dikocok, 3 buah sosis yang dipotong kecil-kecil, 1 buah paprika merah, ½ bawang bombay, garam, merica, serta keju mozzarela.

Adapun cara membuatnya, kocokan telur dicampur dengan garam dan merica. Panaskan wajan menggunakan api kecil lalu tuang adonan. Nah, sebelum adonan telur mengeras, tata sosis, paprika,dan bawang bombay di atasnya. Masak lagi campuran ini dengan api yang paling kecil, bolak balik telur hingga matang. Terakhir, taburi keju mozzarela di atasnya.

Sosis Goreng Tepung

Terakhir yang paling mudah adalah sosis goreng tepung. Anda hanya butuh 6 batang sosis yang telah dipotong-potong, 100 gram tepung terigu, 25 gram tepung maizena, 1 sdm peterseli cincang, ½ sdt merica bubuk, garam, serta 75 ml air.

Caranya, campurkan tepung terigu, tepung maizena, merica, serta garam. Ambil 2/3 bagian campuran kemudian tuang air dan aduk hingga mengental. Masukkan peterseli ke dalam sisa campuran tepung kering kemudian aduk hingga rata. Lalu balut sosis dengan tepung kering, celupkan dalam larutan tepung, dan goreng sosis hingga berwarna kuning kecoklatan.

Beragam aneka sosis pun bisa Anda dapatkan di PT. Markaindo Selaras atau dengan menungunjungi websitewww.markaindo.co.id. Jika ada pertanyaan, Anda cukup menghubungi email marketing@markaindo.co.id. PT. Markaindo Selaras adalah salah satu produsen penyedia bahan olahan pangan Anda.