3 Jenis Kulit Sosis dan Manfaatnya

  • kulit sosis selulosa

Kulit sosis dan macam-macamnya

Sosis memiliki bermacam-macam jenis, ada sosis yang siap makan, ada juga sosis yang harus dimasak terlebih dahulu. Untuk sosis yang harus dimasak, Anda perlu memperhatikan bagian kulit sosis. Ada beberapa produsen sosis yang menggunakan kulit sosis yang dapat langsung dimakan. Untuk tipe seperti ini, Anda tidak perlu mengupas kulit sosis. Sedangkan untuk sosis yang menggunakan kulit sosis dari plastik, Anda harus mengupas terlebih dahulu. Jika tidak dikupas terlebih dahulu, kulit sosis dapat rusak karena terkena panas.

Kulit sosis merupakan salah satu “kemasan” yang unik karena hanya dengan menggunakan kulit sosis, kita dapat memberikan identitas pada sosis tersebut. Jenis kulit sosis yang digunakan berbeda-beda tergantung sosis apa yang akan diproduksi. Kulit sosis untuk sosis fresh, processed, dried, dan smoked memiliki jenis yang berbeda. Selain itu, dari segi warna juga dibedakan, seperti clear, bold red, frankfurter red, continental brown, saveloy. Kulit sosis juga berbeda antara yang digunakan untuk hotdog, wiener, salami, lapcheong, maupun chipolata. Ada tiga jenis kulit sosis yang sering digunakan dalam pembuatan sosis, yaitu kulit sosis alami, kulit sosis kolagen, serta kulit sosis selulosa.

Kulit Sosis Alami

Sebelum adanya kulit sosis artifisial, usus hewan adalah pengemas alami yang dapat digunakan. Kulit sosis alami biasanya terbuat dari usus alami hewan. Menggunakan kulit sosis alami memiliki beberapa keuntungan antara lain, dapat dimakan, bergizi tinggi, melekat pada produk, rasa lebih gurih dan tekstur yang khas. Namun, bagi konsumen yang memiliki masalah dengan kolesterol harus membatasi konsumsinya. Penggunaan kulit sosis ini juga menjadikan produk tidak awet.

Kulit Sosis Kolagen

Kulit sosis ini biasanya berbahan dasar dari kulit hewan besar. Keuntungan dari penggunaan kulit ini adalah dapat diwarnai, bisa dimakan, dan melekat pada produk.  Kulit sosis kolagen ini memiliki keunikan dibanding kulit lainnya, yaitu memiliki tekstur yang kenyal, padat dan penampilan luarnya menarik. Kulit sosis ini juga menimbulkan sensasi k’nak bite ketika dimakan dan mengandung nilai gizi yang tinggi sehingga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi. Sayangnya, kulit sosis jenis ini tidak bisa tahan lama.

Kulit Sosis Selulosa

Dikarenakan selulosa sangat keras dan tidak dapat dimakan, maka sosis harus dikupas dahulu sebelum diolah lebih lanjut. Selulosa merupakan serat kayu alami dan biasanya berbahan baku pulp, sehingga cukup sulit mendapatkan jenis kulit sosis seperti ini. Keuntungan casing selulosa adalah dapat dicetak atau diwarnai dan murah. Namun, saat ini telah dikembangkan poly amid casing, yaitu jenis kulit sosis yang terbuat dari plastik. Kulit jenis ini tidak bisa dimakan, dapat dibuat berpori atau tidak, bentuk dan ukurannya dapat diatur, tahan terhadap panas, dan dapat dicetak. 

Untuk memeroleh kulit sosis yang berkualitas, Anda dapat membelinya secara online. Sebelum membeli, Anda juga dapat melihat produk dan memilihnya terlebih dahulu. PT. Markaindo Selaras hadir sebagai distributor yang siap menjawab kebutuhan Anda. Untuk informasi lebih lengkap, Anda bisa mengunjungi website-nya di www.markaindo.co.id atau menghubungi via email dimarketing@markaindo.co.id.  Berbelanja di Markaindo sangatlah mudah dan terjamin. Anda akan mendapatkan produk yang Anda inginkan dengan cepat dan puas.