3 Cara Mudah Tingkatkan Kolagen Alami Tubuh

  • Cara Mudah Tingkatkan Kolagen Alami Tubuh

Salah satu cara untuk mendapatkan kulit cantik adalah dengan memperbanyak produksi kolagen pada tubuh. Dengan begitu, kulit Anda akan tampak awet muda, lembut,dan bebas dari keriput. Selain itu, kolagen juga berguna untuk merekatkan jaringan-jaringan tubuh.

Sayangnya, senyawa yang terdapat di otot, tulang, urat, hingga kulit ini dapat menurun seiring bertambahnya umur seseorang. Untuk mencegahnya agar tidak cepat rusak, ada beberapa kebiasaan yang juga sebaiknya Anda hindari. Beberapa di antaranya, yakni:

Menghindari Sinar Matahari

Dengan terpaparnya seseorang dari sinar matahari langsung secara terus menerus, maka hal ini secara otomatis akan mempercepat terjadinya proses penuaan. Kolagen-kolagen alami kulit akan dipecah serta dirusak serat elastinnya oeh radiasi sinar ultraviolet. Olehnya itu, Anda sebaiknya menghindari paparan sinar matahari langsung.

Berhenti Merokok

Aktivitas merokok pada dasarnya akan merusak kolagen alami tubuh secara cepat. Hal ini dikarenakan oleh kandungan nikotinnya yang menyebabkan penyempitan pembuluh darah di lapisan terluar kulit. Akibatnya, aliran darah pun menjadi tersendat dan kulit akan mengalami kekurangan oksigen serta nutrisinya.

Kurang Tidur

Berkurangnya kualitas tidur seseorang akan menjadi kabar buruk terhadap kolagen kulit. Beberapa dampak negatifnya antara lain penuaan diri serta kulit kusam akan terjadi. Pasalnya, kurang tidur ini mampu menyebabkan penurunan sistem imun tubuh yang berdampak pada kerusakan kolagen kulit.

Menghindari Makanan Manis

Kebiasaan mengonsumsi makanan dan minuman manis pun sebaiknya mulai dibatasi. Jika tidak, kolagen yang terdapat di area kulit akan rusak. Keadaan ini terjadi sebagai akibat dari meningkatnya kadar gula dalam darah sehingga jumlah hormon insulin pun akan meningkat. Keberadaan hormon insulin inilah yang merusak produksi kolagen di dalam tubuh.

Sementara itu kolagen sendiri sebenarnya dapat ditingkatkan dengan cara alami. Bagaimana caranya? Simak 3 langkah mudahnya di bawah ini:

Mengonsumsi Vitamin Alami

Tak ada cara mudah selain untuk meningkatkan kolagen alami dalam tubuh kecuali dengan memperbanyak konsumsi vitamin A dan C yang bisa didapatkan dari sayur dan buah-buahan.

Mengonsumsi Antosianin

Salah satu cara agar kolagen bisa terus menerus diproduksi adalah dengan mengonsumsi antosianin yang kebanyakan terdapat dari sayuran hijau, keju, serta kacang kedelai. Tidak hanya itu, antosianin juga berguna sebagai antioksidan bagi tubuh.

Mengonsumsi Asam Amino

Meskipun sering disepelekan, asam amino ternyata sangat berguna bagi tubuh. Bagi mereka yang menginginkan rambut, kuku, serta kulit yang sehat dan cantik, maka ada baiknya untuk sering-sering mengonsumsi asam amino.

Pasalnya, zat ini pun dapat merangsang produksi hormon pertumbuhan serta meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh manusia. Beberapa contoh makanan yang dapat dijadikan sumber asam amino antara lain susu, telur, ikan, serta daging ayam dan daging sapi.

Bukan hanya pada makanan-makanan tersebut, saat ini dalam makanan olahan juga mengandung kolagen dalam komposisinya. Sebagai contoh. protein kolagen yang merupakan salah satu ingredient makanan yang mengandung protein hewani 100% bermanfaat untuk kesehatan tubuh. 

Salah satu food additive collagen powder Kapro B95 yang diproduksi oleh perusahaan D.C.P Ingredients – Belanda. Fungsinya protein kolagen Kapro B95 sendiri adalah untuk meningkatkan kandungan protein produk olahan.

Anda bisa menghubungi     PT. Markaindo Selaras. Untuk informasi lebih lanjut, anda bisa dengan mudah mengunjungi website-nya di www.markaindo.co.id atau bertanya dan melakukan konsultasi lewat e-mail di marketing@markaindo.co.id.