Budenheim

  • fosfat pengenyal makanan
  • fosfat pengenyal makanan
  • fosfat pengenyal makanan
  • fosfat pengenyal makanan
  • fosfat pengenyal makanan
  • fosfat pengenyal makanan

Budenheim adalah salah satu perusahaan kimia di Jerman yang memproduksi produk fosfat dan turunannya, termasuk untuk makanan (food grade).  Perusahaan berdiri pada tahun 1908.  Sebagai pionir dalam teknologi fosfat selama lebih dari 50 tahun.  Budenheim berhasil menciptakan teknologi metode produksi berupa pemurnian phosporic acid dengan cara ekstraksi.  Sampai saat ini metode tersebut disebut dengan istilah Budenheim Process.  Selain itu, Budenheim juga berhasil mengembangkan metode khusus dalam memproduksi produk fosfat specialties.

Pada dasarnya fosfat merupakan komponen alami pada hampir semua jenis makanan.  Karena memiliki peranan fungsional yang signifikan maka fosfat juga sangat umum digunakan sebagai bahan tambahan dalam proses produksi makanan sebagai:  pengembang, anticaking, emulsifier, dan sebagainya. Tak jarang pula, fosfat dikenal sebagai pengenyal makanan.

Kelebihan fosfat hasil produksi Budenheim dibandingkan dengan produk sejenis lainnya adalah dalam hal komposisi produk dan teknologi produksi yang digunakan.  Dari segi komposisi,  memiliki komposisi optimum untuk masing-masing aplikasi.  Sedangkan dari segi teknologi, setiap produk Budenheim diproduksi dengan teknologi spray drying sehingga produk yang dihasilkan merupakan campuran kimiawi (chemical blend) dan bukan sekedar mechanical blend yang hanya mengalami pencampuran secara fisik (physical mixing).  Penggunaan teknologi spray drying menghasilkan produk yang benar-benar homogen sehingga diperoleh tingkat kelarutan (solubility) yang tinggi.  Solubility dari fosfat memiliki efek sangat signifikan dalam pengolahan makanan, khususnya untuk produk-produk olahan daging dan hasil laut.

Abastol dan Carnal, dua merek umum fosfat produksi Budenheim yang diaplikasikan untuk produk-produk daging olahan dan hasil laut. 

Tujuan penggunaan Abastol dan Carnal pada proses pengolahan daging dan hasil laut adalah untuk:

  • Memperbaiki penampakan dan mempertahankan nilai nutrisi produk seperti vitamin dan mineral.
  • Mempertahankan atau meningkatkan berat produk, akibat kemampuannya dalam mempertahankan kadar air.
  • Mengurangi susut pemasakan, susut thawing dan packing allowance sehingga meningkatkan keuntungan. 
  • Menghambat perkembangan mikroba (bacteriostatic) sehingga meningkatkan masa simpan produk.
  • Menghasilkan tekstur produk yang empuk dan kenyal dengan rasa dan juiciness yang tetap alami setelah proses pemasakan, dikenal juga sebagai pengenyal makanan.
  • Mencegah terjadinya ketengikan dan penurunan kualitas warna yang tidak diinginkan.

Produk-produk Budenheim  sangat mudah, sederhana dan efesien dalam  penggunaannya serta memberikan hasil yang memuaskan.  Dari kesemuanya itu, hal yang paling penting untuk diperhatikan adalah bahwa seluruh produk Budenhiem tersebut diatas aman untuk kesehatan dan halal untuk digunakan.

Pada tahun 2006 Budenheim melengkapi bisnis seafood nya dengan menggabungkan perusahaan dari Spanyol, yaitu Altesa, sehingga bernama Budenheim-Altesa. Altesa adalah perusahaan yang mengkhususkan bergerak dalam produksi bahan tambahan untuk aplikasi pengolahan hasil laut. Kualitas standar yang tinggi, pengalaman teknis yang memadai dan berkomprehensif dengan pengetahuan pasar membuat produk Budenheim terus berkembang di pasar dunia.

Konsepnya adalah memperbaiki kualitas hasil laut. Setiap spesies hasil laut; ikan, kerang, udang ataupun kepiting memerlukan perlakuan khusus tersendiri. Bahan tambahan Budenehim-Atesa dapat membuat kandungan dan ketersediaan cairan hasil laut pada posisi yang tepat selain itu dapat mempertahankan dan menstabilkan kandungan nutrisi alaminya.

Dengan bergabungnya Altesa, maka produk yang ditawarkan menjadi lebih lengkap tidak hanya berbahan dasar fosfat tetapi juga asam sitrat, asam askorbat dan lainnya. Pabrikan dapat memilih produk Budenheim sesuai yang di minta oleh konsumen mereka. Secara umum bahan tambahan dapat di kategorikaan sebagi moisture management, color improvement dan bakteriostatik agent. Penggunaan produk Budenheim sangat menonjol pada spesies cephalopods; cumi, sotong dan gurita, disamping udang, ikan dan lainnya.

 

Daftar Produk Budenheim - Altesa

NAMA PRODUKISI PER BAGKEGUNAAN

 Abastol Z 529  
 Abastol 727 
 Abastol 780  
 Abastol 2018  
 Carnal 346  
 Carnal 659 Advanced  
 Abastol 771 S 
 Altesa ABC1  
 Altesa ABC2D  
 Altesa BT2  
 Altesa PS  
 Altesa PV1C  
 Altesa AM4
 Cafodos D
 Cefacolor 
 Glasses IQF

25 KG
25 KG
25 KG
25 KG
25 KG
25 KG
25 KG
20 KG
20 KG
25 KG
25 KG
25 KG
25 KG
25 KG
20 KG
25 KG

 Fosfat   pengenyal makanan untuk   produk   daging  olahan  seperti  baso,  sosis dan lain - lain  agar diperoleh tekstur kenyal.
 Fosfat   pengenyal makanan untuk   produk   daging  olahan  seperti  baso,  sosis dan lain - lain  agar diperoleh tekstur kenyal.
 Fosfat untuk produk  poultry  yang di-marinate  atau  di-inject.
 Fosfat untuk produk surimi.
 Fosfat untuk produk  poultry dan ikan olahan.
 Fosfat   untuk  seafood,  menghasilkan  produk  juicy  dan kenyal.  Digunakan juga untuk daging olahan yang  di- marinate atau di-inject.

 Fosfat untuk produk hasil laut kalengan.
 Additive yang berfungsi utama sebagai water retention agent  dan tenderizer.
 Additive yang berfungsi utama sebagai water  retention agent dan tenderizer.
 Seperti di atas, digunakan terutama untuk spesies  Penaeus monodon  (Black Tiger) dan  sejenisnya.
 Seperti di atas, digunakan terutama untuk spesies  Penaeus vannamei (udang putih) dan  sejenisnya.
 Seperti di atas, digunakan terutama untuk spesies  Penaeus vannamei (udang putih) dan  sejenisnya.
 Antimelanosic preservative.
 Additive yang berfungsi sebagai preservative, bleaching agent dan water retention agent.
 Additive untuk mempertahankan warna merah  pada octopus dan giant squid.
 Additive yang berfungsi untuk memperbaiki ice glazing.