Varian Kulit Sosis

Varian Kulit Sosis

Oleh : Agus Setiawan - PT Markaindo Selaras
Foodreview Indonesia - Vol.V / No. 3 / Maret 2010

Kulit sosis merupakan salah satu “kemasan" yang unik dan khusus. Mengapa unik? karena dengan menggunakan kulit sosis, maka kita dapat memberikan identitas pada produk yang di kemas yaitu menjadi sosis. Khusus karena jenis kulit sosis yang digunakan tergantung produk sosis apa yang akan di produksi.

Kulit sosis merupakan salah satu "kemasan" yang unik dan khusus. Mengapa unik? Karena dengan menggunakan kulit sosis, maka kita dapat memberikan identitas pada produk yang dikemas yaitu menjadi sosis. Khusus karena jenis kulit sosis yang digunakan tergantung produk sosis apa yang akan diproduksi. (Majalah FoodReview Indonesia, Agus Setiawan)

Secara garis besar, kulit sosis dapat dibedakan berdasarkan sumbernya, yaitu alami dan artifisial. Contohnya kulit sosis alami adalah usus hewan; domba, sapi, kambing ataupun babi. Sebelum adanya kulit sosis artifisial, usus hewan adalah pengemas alami yang dapat digunakan. Menggunakan kulit sosis alami memiliki beberapa keuntungan, antara lain: rasa lebih gurih dan tekstur yang khas. Tetapi bagi konsumen yang memiliki masalah dengan kolesterol harus membatasi konsumsinya

Adapun untuk kulit sosis artificial antara lain kulit sosis kolagen. Seperti namanya. bahan utama kulit sosis tersebut berasal dari kolagen sapi yang dicampur bahan lain dan mengalami proses ekstrusi sehingga didapatkan “pipa” panjang yang halus dan tipis.